It's not a shame to be a Jomblo, Be Proud… Be a JOSH !!!

Motivasi

AURAT HANYA AKAN TERTUTUP DENGAN PAKAIAN YG SEMPURNA (Versi Akhwat)

 


AURAT tidak akan tertutup dengan berperangai baik
AURAT tidak akan tertutup dengan sifat lemah lembut
AURAT tidak akan tertutup dengan kata kata yang baik
AURAT tidak akan tertutup dengan Shalat
tetapi
AURAT HANYA AKAN TERTUTUP DENGAN PAKAIAN YG SEMPURNA

“Mudah mudahan akhlak dibalik pakaian tadi lebih indah dari pakaiannya”

So JOSH (Sobat JOmbloSampaiHalal) Ber – HIJAB

At PANTI JOMBLO sebelum HALAL “MasBro” (Hikmah Kesendirian tanpa Pacaran)
JOSH (JOmblo Sampai Halal)
JOSS (JOmblo Shalih Shalihah)
KJRI (Kementrian JOmbloSampaiHalal Republik Indonesia)


AURAT HANYA AKAN TERTUTUP DENGAN PAKAIAN YG SEMPURNA (Versi Ikhwan)

 


(versi ikhwan,…)
AURAT tidak akan tertutup dengan berperangai baik
AURAT tidak akan tertutup dengan sifat lemah lembut
AURAT tidak akan tertutup dengan kata kata yang baik
AURAT tidak akan tertutup dengan Shalat
tetapi
AURAT HANYA AKAN TERTUTUP DENGAN PAKAIAN YG SEMPURNA

“Mudah mudahan akhlak dibalik pakaian tadi lebih indah dari pakaiannya”

So JOSH (Sobat JOmbloSampaiHalal)

At PANTI JOMBLO sebelum HALAL “MasBro” (Hikmah Kesendirian tanpa Pacaran)
JOSH (JOmblo Sampai Halal)
JOSS (JOmblo Shalih Shalihah)
KJRI (Kementrian JOmbloSampaiHalal Republik Indonesia)


NEW Photo Profil PANTI JOMBLO sebelum HALAL “MasBro” (Hikmah Kesendirian tanpa Pacaran)


Bismillah,…
22 september 2011
Launching NEW Photo Profil PANTI JOMBLO sebelum HALAL “MasBro” (Hikmah Kesendirian tanpa Pacaran) dgn Gerakan JOSH (JOmblo Sampai Halal),….

Page ini bagi bukan sekedar Page bagi sobat yang Single/ Jomblo saja
dengan tag line JOSH (JOmblo Sampai Halal) – yg artinya dari Single hingga Nikah- teruntuk sobat masih SINGLE, yg telah ber-PISAH / ber-CERAI, yang MAU MENIKAH dan yang SUDAH MENIKAH.

Disini kita bersama2 belajar sedikit demi sedikit dan bertahap mengkondisikan diri menuju proses perubahan kepada hal yang positif untu menjadi JOSS (JOmblo Shalih Shalihah) untuk menjemput jodoh terbaik sesuai janji Allah di QS. An Nur ayat 26.
“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)….”

Karena kami menyadari bahwa Pernikahan bukan hanya sekedar melepas masa lajang/penyaluran hasrat biologis saja, namun yang namanya membangun Rumah Tangga diperlukan kematangan emosi,akhlak,akidah & pendewasaan hidup agar bahtera rumahtangga yang dibina tidak karam ditengah jalan.

Kenapa MasBro mengambil point pokok sobat yang masih single/jomblo,…???

karena dari kacda mata MasBro, semua pondasi Rumah Tangga sejatinya dibangun saat pernikahan itu belum terjadi (belum ijab qabul). Karena saat genderang rumah tangga dibuka, maka perjuangan yang sebenarnya baru dimulai dimana menyatukan dua pribadi manusia yang berlainan jenis & karakter dibutuhkan sinergi (win win solution) dan akidah-iman yang kuat dimana semua didasari untuk beribadah kepada Allah secara Lillahi ta’ala.

Ada rumus pernikahan ala  Masbro yang sering saya sampaikan (selaian kematangan iman, akhlak dan akidah) yaitu :
1(-1/2) + 1 (-1/2) = 1
dibaca (satu minus setengah )ditambah (satu minus setengah) agar tercipta 1 rumah tangga yang harmonis dalam 1 jiwa

yang artinya:
setiap pribadi suami/istri mengurangi setengah dari hak dan egonya masing2 dan lebih mengedepankan kewajiban agar kerukunan rumah tangga tercipta dalam 1 Harmoni Cinta Inspirasi Jiwa keluarga SaMaRa agar tidak berujung pada sebuah kegagalan dalam rumah tangga

Karena kalau kita cermati,sadari dan evaluasi
“99% kemarahan kita sering kali ditujukan kepada orang yang kita sayangi”

Nah disinilah perlunya pembelajaran sedari dini selain mengenal & memahami karakter manusia mulai kita masih lajang, tanpa harus menyimpang jalan yang bathil dengan PACARAN yang sering dianggap satu jalan untuk perkenalan terhadap lawan jenisnya.

Ya memang ada yg mengunakan ta’aruf dan seolah tersamar dengan pacaran dimana sobat remaja belum bisa memahami perbedaan mendasar antara ta’aruf (sebenarnya) dengan pacaran. Pembedanya ialah dalam ta’aruf tiada KHALWAT (berdua-duan antara lawan jenis yg bukan mahram), namun di aktivitas pacaran sungguh hal ini dianggap lumrah dan sering kali melewati batas norma agama & susila (OFF SIDE), mulai dari boncengan sepeda motor, pegangan tangan, kissing, hingga terjebak kedalam pergumulan dua manusia lain jenis dalam peluh keringat penuh nafsu dalam lapangan sepakbola hasrat cinta, nah saat terjadi GOL maka kemungkinan kehamilan dari hubungan tanpa ikatan nikah bisa terjadi. Dan inilah yang namanya efek negatif pacaran yaitu Perzinahan.

Dalam aktivitas Pacaran ini, syaitan akan menghembuskan bisikan-bisikan lembut na indah agar kedua orang ini melakukan sesuatu yang lebih hingga OFF SIDE (kelewat batas). Mereka yang semula cuma ngobrol sebentar, jadi punya topik lain agar ngobrolnya lebih lama. Kalo ngobrolnya bisa lebih lama, maka memandang si dia juga bisa lebih lama dan puas, Trus Apakah syaitan akan berhenti menggoda hanya dengan saling memandang yang belum halal satu sama lain? Tentu tidak !!!! Nach terus,.. terus,.. terus,… (ga usah diceritain lagi khan udah dibahas diatas-entar kalian malah mimisan karena membayangin yang iya2 malah berabe,… hadduh Otak cabul nya kumat ya sob,.. Plakss,… Wedezigtss,..)

Memang ga mudah memulai & mempertahankan Gerakan “JOSH (JOmblo Sampai Halal) ” dimana cibiran, hinaan dan anggapan tidak laku terutama oleh para aktivis Pacaran menjadi momok pembicaraan yang cukup memekak kan telinga. Padahal kita berada dalam jalan dan kaidah agama yang jelas,

“Dan janganlah kamu mendekati zina,
sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji (fahisyah)
dan suatu jalan yang buruk.” (Al-Isra’: 32).

Dari Jabir Bin Samurah RA, dari Rasulullah SAW:

“Janganlah salah seorang dari kalian berdua-duaan dengan wanita, karena syaitan akan menjadi ketiganya” (Hadith riwayat Ahmad dan Tirmidzi).

Sob,… hadits ini secara jelas melarang aktifitas khalwat atau berdua-duaan dengan non mahram. Karena sungguh, pihak ketiga dari dua anak manusia yang berlainan jenis adalah syaitan yang jejingkrakan jengkelitan karena telah berhasil menghasut anak manusia untuk mendekati zina. (kalo kalian bukan anak manuis ya ga apa2,… lh terus pertanyaanya kalo tetap ngeyel anda anak siapa atau anak apa ??? ) Hiks,…

Sob,…
“Islam tidak melarang sesuatu perbuatan kalau perbuatan itu merusakkan jiwa
Tidak menyuruh, kalau suruhan itu tidak membawa selamat dan kebahagiaan jiwa”

 

 “Saatnya Intelektual Bangkit, Wujudkan Perubahan; SAATNYA METAMORFOSELF”

1 orang dapat Membuat Perbedaan
1 Gerakan dapat Merubah Dunia
Jadilah salah 1 dari perbedaan tsbt

menjadi Jomblo hingga memasuki gerbang Pernikahan
menghindari Pacaran yg dianggap lazim namun Salah Kaprah
Selamatkan diri anda,agar tdk tenggelam dlm hal yg Mudharat
dan jauhkan diri dari khalwat yang menjurus ke Perzinahan
Atas Nama Cinta, Jangan Dekati Zina !!!

Dunia kita, Dunia JOSH (JOmblo Sampai Halal) !!!

Jomblo
Our best choice avoid ZINA
Stop Pacaran
Halalkan dengan Pernikahan

It’s not a shame to be a Jomblo
Be Proud Be a JOSH (JOmblo Sampai Halal) !!!

Luruskan Niat, Kuatkan Tekad !!!
Smg Allah Meridhloi, Bismillah…

thanks for being So JOSH (Sobat JOmbloSampaiHalal)

Yuk Sob,.. bersama2 belajar dari dini agar pondasi Rumah Tangga lebih kuat & kokoh dlm membangun keluarga penuh rasa cinta dlm iman & akidah menjemput syurga dunia sebelum syurga NYA

Thanks for being So JOSH (Sobat JOmbloSampaiHalal)
lets we learn from now to be JOSS (JOmblo Shalih Shalihah)
and let’s we move to be a JOSH (JOmblo Sampai Halal)
Say NO to COUPLE before MARRIED,…. dan
ATAS NAMA CINTA, JANGAN DEKATI ZINA !!!


With
MasBro Kpala PantiJomblo III
MasBro Kpala PantiJomblo II
MasBro Kpala PantiJomblo
MasBro Kpala PantiJomblo Hcij
staff KJRI (Kementrian JOmbloSampaiHalal Republik Indonesia)

…..


ADA GA , YG MAU MENERIMA AKU APA ADANYA ???

“ADA GA YA DISINI YG MAU NERIMA AKU APA ADANYA ???”-komment temen

Hufftssssss,….. (tarik nafas dalam &panjaaaaaaaang)
Ga tau kudu mulai dr mana njawabnya, Gini azza,…

Jujur,Anda mau ga nerima seseorang apa adanya???
Kalo iya,mgkin krn anda anda ingin apa adanya (ga mau brubah?)
(sbuah sikap penuh kepasrahan-ga gentle)

Jujur Masbro ga mau nerima seseorang apa adanya,
karena saya juga ga ingin diterima apa adanya,
Kita perlu perbaikan diri menuju yang lebih baik dr kondisi yg ada sekarang & ITU HARUS !!!


“Loe ,Gue,…END !!!”

Sakit rasanya jika sebuah hubungan yg dirajut sekian lama tak mampu berakhir dipelaminan,atau sebuah bahtera rumah tangga terpaksa kandas & menimbulkan luka yg mendalam

Jika niat awal sudah baik,ikhtiyar sudah dilakukan dgn penuh kesabaran
tinggal kita butuh waktu unt menata hati kembali

Palingkan wajah dr rasa pahit,bangun dr kesedihan
Coba introspeksi diri mungkin ada yg salah dgn diri kita,jgn slalu mencari kambing hitam atas sebuah kegagalan. Bangkit dan keluarlah dari kamar dan carilah majelis majelis ilmu serta bersosialisasilah denga mereka agar kebuntuan otak pikiran bisa teralihkan kedalam hal hal yang manfaat. Ta usah kau mengurung diri, karena semakin kau mengurung diri dan menjauh dari kenyataan maka yang adalah hanyalah rasa mengasihi diri sendiri.

Luka itu biarlah menganga dan tak perlu ditambah dengan ‘cuka’ kesendirian
Sadari diri bahwa tiada asap jika tiada api. Lebih mudah menunjuk kesalahan orang lain namun sangat sukar melongok kekurangan diri. Hanya insan yg yg tulus menyadari kedhoifan diri.
Sobat,….
Pedihnya hati akan selalu terbawa sampai mati, namun itu bukan alasan untuk berdiam diri. tidak sedikit sahabat yang terjungkal namun mereka mampu bangkit dari rasa duka & menjadikan pengalaman pahit sebagai senjata untuk memperbaiki diri. Jika dia telah pergi dan engkau masih mencintainya, sampaikanlah dalam tasbih rasa di 1/3 malam dan waktu dhuha Nya untuk meminta yang terbaik dari segala masalah yang ada.

Namun mohon diingat, jangan mendikte Allah meminta si anu atau si itu, tapi sekali lagi mintalah yang terbaik, jika dia sosok masa lalu telah pergi namun jika dia sosok terbaik bagi mu maka dengan cara apapun insyaAllah akan kembali. Namun jika dia bukan yang terbaik bagimu maka mintalah pengganti yang lebih baik darinya walau tidak serupa dengannya

Penyesalan pasti selalu ada Sob,… dan itu kadang tiada guna setelah semua terjadi. Serpihan hati yang telah membuncar memang sukar disatukan kembali, biarpun bisa tersusun sedemian rupa namun garis retak akan ada. Mungkin perpisahan itu yang terbaik bagi kalian semua.

Yach,…
Perpisahan, Perceraian, Kematian adalah pasangan duet yang tidak mampu dipisahkan diantara perjumpaan dan sebuah kehidupan. JIka kita yang tidak meninggalkannya, mungkin dia yang meninggalkan kita. Pertanyaanya ???

Apa yang tersisa dari sebuah kehilangan ???

Apakah kenangan indah ataukah pahit?
Semua tinggal kita masing masing pribadi yang bisa mengolahnya. Jika nasi sudah menjadi bubur, maka tak perlu tergesa2 dibuang. Jika kita pandai menyiasati, maka tambahkan garam, kecap dan kerupuk maka jadilah bubur ayam yang cukup nikmat. Itulah hidup Sob,….

Apa yang kita inginkan belum tentu hasilnya sama seperti yang kita harapkan dan seringkali realita bertolak belakang dengan impian.

Keep positif thinking padaNya dan cumbu DIA dengan rayuan manja tasbih cinta dalam melalui ayat2 tersuratNYA (al Qur’an), jika pedih itu terlalu sakit dirasa, lepaskan bendungan tangismu namun isilah setiap isaknya dengan istigfar memohon ampun padaNYA. Mintalah padaNya agar beban masalah yang kau pikul dipundakmu diturunkan olehNYA.

“Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,
Dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,
Yang memberatkan punggungmu?
Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama) mu.
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,
dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap ”
(QS. al-Insyirah 1-7)

Bangkit yuk sobat,….
Bukan hanya engaku sendiri kok yang dalam kesedihan, bersyukurlah padaNya agar nikmatNya semakin berlimpah padamu walaupun saat ini pahit kau rasa. Karena sejatinya sebuah hikmah akan terasa pada masa sulit itu berakhir. Sibukkan diri dengan kegiatan yang penuh hikmah dan untuk sementara waktu hindari tempat tempat yang pernah engkau lalui bersama. Bagi sobat yang mengalami kegagalan dalam pernikahan, berusahalah jangan engkau benci masa lalu pendampin hidupmu, apalagi jika ada buah hati cinta kalian yang dia butuh kasih sayang kedua orang tuanya walau perpisahan itu sudah terjadi. Engkau harus pandai pandai menjaga diri dimana sosok mantan suami/istri mu sekarang bukanlah sosok halal bagimu lagi, namun engkau harus menjaga hati dan rasa buah hati anda agar efek negatif perceraian itu bisa diminimalisir.

Salam Masbro untuk sahabat di 1/3 malam, semoga kalian tidak melewatinya masa indah dimana doa di ijabah menjemput rahmat dan ridloNya. Aamiin

Met mempersiapkan diri untuk shalat shubuh bagi sobat di wilayah Indonesia barat. Salam santun dariku,…. Moga engkau tabah sobat,…

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

“Peliharalah senyummu agar tak menjadi palsu
Menikmati kesedihan dan menjadi tangguh
Dan belajarlah kejujuran dari sebuah cermin…

Dan jangan sekali-kali meremehkan dirimu !!!
Sebab engkau menjadi besar saat engkau ingin besar
hanya engkau saja yang memutuskan ia menjadi kecil !!!

Bisakah kita belajar utk bisa merasa ?
bukan hanya sekedar merasa bisa ???!”

“Sob,…Setiap dari kita akan mendapatkan cobaan dari Allah, cobaan yang tidak melebihi dari kemampuan kita, dan aku percaya apa yang kita alami sebagai cobaan dari Allah, dan sebagai bukti bahwa Allah masih menyayangi kita.

Dan hidup yang sulit dan tidak mapan membuat kedewasaan bagi mereka yang ada di dalamnya, walaupun terkadang kedewasaan itu membuat mereka berubah menjadi lebih buruk.
Pilih yang terbaik diantara yang terbaik, berpikir efisien, Insya Allah kesuksesan akan berada di tangan.”

Bismillah,………….

 

share for
PANTI JOMBLO sebelum HALAL “MasBro” (Hikmah Kesendirian tanpa Pacaran)
MasBro Kpala PantiJomblo III
MasBro Kpala PantiJomblo II
MasBro Kpala PantiJomblo
MasBro Kpala PantiJomblo Hcij
staff
KJRI (Kementrian JOmbloSampaiHalal Republik Indonesia)
JOSH (JOmblo Sampai Halal)
JOSS (JOmblo Shalih Shalihah)
Harmoni Cinta Inspirasi Jiwa


Bukan Sekadar Menikah,…

“Ndang rabi wae mari..daripada..jomblo kakean menghayal”

-comment temen
(cepet nikah aja,daripada Jomblo kebnyakan mengkhayal)

hums,..
Sob,apa tujuan anda hanya Nikah thok (melepas masa lajang&penyaluran sahwat saja)???
trus lupa bhwa stlh nikah Tugas anda sbg suami/istri makin besar?
(adanya tanggung jawab, kewajiban, serta hak pasangan yg kudu kita berikan-walau ga harus,tp ini bagian dr keharmonisan hub kalian kelak-)

kalo cuma nikah insyaAllah semua bisa sob,namun brapa bnyak yg gagal mempertahankannya ???

It’s not a simple thing sob!
Apalagi sosok suami/istri anda nanti pasti memiliki karakter yg sangaaaat berbeda dengan anda> dia suami/istri anda bukanlah duplicate anda yang tahu apapaun tentang anda, dan bisa mengerti anda sepenuhnya 9walau itu harapan kita), namun mohon dimengerti sobat ku,… bahwa dia yang kau harapkan sebagai pelindung, pemberi semangat dan selalu mensupport anda sebagai pasangan hidup bukanlah sosok ‘hero”/super yang ga butuh diperlakukan sama seperti yang anda inginkan darinya.

Sungguh masbro sangat sangat sedih dan ‘trenyuh’ dimana sobat muda kita tidak sedikit yang hanya berfikir melepas masa lajang (single) dan memilih menikah tanpa melihat, belajar, dan mempersiapkan diri serta mengambil hikmah dari kegagalan rumah tangga yang dialami orang lain. mereka rata rata lupa apa yang harus dipersiapkan agar biduk rumah tangga mereka mampu bertahan ditengan gelombang keras dunia teknogi yang sewaktu waktu bisa menghantam kapal rumah tangga mereka hingga karam.

Sebenarnya apasieh yang melatar belakangi adanya PANTI JOMBLO sebelum HALAL “MasBro” (Hikmah Kesendirian tanpa Pacaran) ???

Adanya PJH dibentuk untuk mengurangi angka perceraian dalam rumah tangga.

Lha kok jauh bener Masbro, dari perceraian Rumah Tangga ke kita2 yang Jomblo ??

Yups,… mungkin bagi kalian itu aneh sob,..
Namun bagi MasBro itu satu kesatuan. Kenapa???
karena kesalahan faham dalam arah dan tujuan menikah tidak terlepas dari pembentukan dan lingkungan dari masing- masing pelakunya (suami/istri). Pembentukan, pemahaman serta kedewasaan dalam menyikapi perbedaan masalah yang hinggap dalam rumah tangga, menurut MasBro bisa dipelajari sedari dini saat kita belum menikah. Uppss,… Kok Bisa ???

Yups,… jika kita terbisa menghadapi masalah dan empati serta berkompromi (asal bukan masalah akidah/akhlak lho ya) atas permasalahan yang muncul nantinya. Kita dituntut secara cerdas menggali masalah,dengan evaluasi latar belakang terjadinya masalah dan menyiapkan strategiyang jitu dalam mennyelesaikannya.

 

Ingat Sob,…
Suami/istri kita bukan dukun/paranormal yang tau apa mau kita apalagi kalo kita termasuk species introvert (tertutup-ga mudah bersosialisasi). Jadi kudu belajar karakter tiap tiap manusia tanpa harus menjadi dirinya, karena setiap manusia adalah pribadi yg ‘unik’ dengan segaala kelebihan dan kekurangan nya.

Jadi kalo kita terbiasa menghadapi masalah dan belajar memperbaiki diri insyaallah msalah berat apapun yg hadir karena terbiasa mencari solusi dr tiap problematika yg hadir insyaAllah kita tidak mudah patah arang dan berputus asa.

Nah kembali kemasalah Jomblo dan perceraian,….
Pembentukan pondasi rumah tangga sebenarnya dimulai dari pernikahan tersebut belum terjadi, NAH INI YANG SERING DILUPAKAN OLEH SOBAT KAWULA MUDA. dikiranya membangun rumah tangga dimulai setelah ijab qabul dilaksanakan,…..
Mohon maaf Sob,… Pendapat itu SALAH,.. dan sangat keliru !!!

Pasangan hidup (suami/istri) adalah pribadi yg unik, dimana harus adanya sinergi diantara mereka bukan untuk sparing partner untuk unjuk gigi siapa yang powerfull diantara mereka. Namun pembelajaran saat single/sebelum menikah ini, ternyata banyak sekali yang salah menjemputnya dengan pacaran.
Lha itu khan namanya proses pengenalan MasBro, khan sah2 saja?

Hummss,… itu pendapat anda sob sah2 saja. Namun coba telisik dan flasback bagi pelaku pacaran, banyak ga ke mudharatan (efek negatif) yang ditimbulkan dari pacaran ??? Humss,….. Anda pasti tau dan ga perlu berlagak “Dodol” ya….

Khan pacaran itu ta’aruf, proses perkenalan juga Masbro ???

nah ini yang kurang tepat alis salah kaprah.
masbro coba jelaskan dengan bahasa keseharian bukan pake bahasa kamus agar anda mudah memahaminya.

Pacaran dan ta’aruf intinya sama yaitu perkenalan dan proses mengenal pasangan.
Namun ada pembeda yang jelas disini Sob (ga perlu buka kamus entar malah tambah bingung). Dalam Ta’aruf ga ada yg namanya khalwat/berdua2an dalam berinteraksi, apalagi sampe sentuhan fisik No..no..no…. dan ta’aruf hanya dilakukan bagi sobat yang benar2 serius untuk menikah bukan hanya coba2.

Sedangkan pacaran pun sama sebuah proses perkenalan, entar pelakunya serius atau enggak atau hanya have fun. Namun intinya sama proses mengenal pasangannya (caranya azza yg beda jauh). Namun disini ada aspek yang sangat krusial yang kudu dibenahi dimana pacaran banyak interaksi khalwat/berdua-duan yang sangat riskan terjadinya perzinahan, mulai dari sentuhan fisik, merangkul, ciuman, dan sampe pergaulan yg OFF SIDE (kelewat batas) adu organ intim dilapangan sepak bola yang berbau nafas syahwat, padahal mereka bukan suami istri lho ????

Memang sieh sob, bedanya tipiiiiiiiiiiiis banget apalagi dizaman sekarang menganggap hal tersebut (pacaran) lumrah, hingga naik motor berdua walau bukan mahram pelakunya enjoy2 azza, tangan mendekap erat si pengemudi,tubuh nempel kayak perangko dan otomatis mata lurus kejalan namun otaknya mengkhayal keindahan syurgawi yang semu. hummsss,… enyak nan,… !!! PLAKSSSss!!!
(banguuun wooiii,.. jangan ikutan menghayal dech, entar malah ikutan mesum)
Hebatnya lagi masyarakat kita cuek dan menganggapnya biasa. hiks,..hiks,…!!!

Nah faktor pergaulan & interaksi yang kurang tepat inilah yang mengaburkan apa yang harus dipersiapkan untuk mempertahankan rumah tangga mereka kelak. Karena otak dan fikiran udah habis terforsir oleh keindahan yg namanya pacaran hingga lupa dengan pembenahan diri dan memperbaiki diri. Nah kalo gini bagaimana kita bisa menjemput kekasih yang terbaik dr Allah kalo cara kita dan ulah kita ga mengarah kesana ???

Apa yang hadir depan anda, catatan2 indah yang diberikan oleh para admin page Islami semua tak akan berpengaruh kalo itu hanya hiasan kata2 indah dan khayalan yang tiada ada usaha. Karena kunci pokoknya adalah pada diri kita masing2.

Dan tag line JOSH (JOmblo Sampai Halal) hanya sebuah jargon (slogan/semboyan) tanpa makna jika kita tidak belajar mulai dr single untuk memperbaiki diri, agar penihakan yg kita inginkan dengan kekasih terbaik dr Allah untuk kita mampu dipertahankan hingga akhir hayat.

Tiada guna kata2 indah hanya sebagai bacaan yg setelah usai dibaca musnah dimakan waktu, kuncinya adalah pada diri kita masing2 apakah akan bergerak maju atau berkutat dimasalah cinta dan melupakan tugas Pekerjaan Rumah yang sebenarnya pokok untuk pondasi keluarga kita nantinya.

Ga baik rasanya terlalu panjang pembahasan ini,..
InsyaAllah kedepan kita coba bahas per bab yang disampaikan saat ini.
Karena ini hanya pembahsan secara global, dan memang bukan pake bahasa puitis indah, atau bahasa baku, namun dengan bahasa kehidupan MasBro sehari2 yg harapannya lebiih mudah dicerna. Namun MasBro yakin sebagian yg lain tambah puyeng mbacanya,…. (Yach namaanya aza manusia, beda2 khan)

Disambung lain waktu ya sob,…

 

MasBro Kpala PantiJomblo III
MasBro Kpala PantiJomblo II

MasBro Kpala PantiJomblo

staff KJRI (Kementrian JOmbloSampaiHalal Republik Indonesia)

share for
JOSS (JOmblo Shalih Shalihah)

JOSH (JOmblo Sampai nikaH)

DOMPET DHU’AFA JOSH (Sobat JOmbloSampaiHalal Berbagi Kasih)

So JOSH (Sobat JOmbloSampaiHalal)

NB:
Kebijakan Komentar
Silahkan berkomentar, tapi mohon berlaku sopan dan tidak melantur topik.
Kami berhak menghapus komentar kotor, Dilarang promosi no HP, No ADD ME, dilarang melecehkan/menghina sahabat dan agama lain, kasar, dan spam (koment sama berulang2) dan sytem memblokir pelanggar berulang

…..


Sobat Muslimah, Kok ada Mukena ya ???

Tahukah So JOSH (Sobat JOmbloSampaiHalal) Muslimah, di belahan dunia muslim lainnya, kaum muslimahnya biasa sholat dengan pakaian sebagaimana dia kenakan sehari-hari (tentunya harus syar’i (menutup aurat, longgar, bersih, tidak menampakkan body yg menonjol, )) tanpa mukena?

Tahukah kalau di zaman Rasul dulu tak pernah ada mukena ??? (kok di beberapa negara asia ada ya,… faktor apakah gerangan pemicunya sob)
Simak tulisan hikmah berikut ini
(bahan dasar tulisan dari EraMuslim dan tentunya maaf disesuaikan dengan gaya bahasa MasBro Kpala PantiJomblo- jadi ambil inti dari pokok bahasan ini ya, yaitu KEWAJIBAN MENUTUP AURAT bukan hanya saat Shalat saja)

——

Sobat Muslimah, tentunya semua wanita di Indonesia punya mukena, asalkan dia beragama Islam pasti punya mukena dan rasanya tidak sah sholat dan tidak enak bila tidak pakai mukena. Iya Ga Sob ???

Kalau mendengar kata mukena, orang lantas mencandai dengan kata kata: mukena mukaga (maksudnya mau kena kek mau kagak – tidak- ^___*!), tidak nyambung dengan makna mukena yang sebetulnya namun istilah canda seperti itu sering dilakukan orang.

Gini Lho Sob,…. mukena, sebuah kata yang sampai saat ini kita tidak tahu dari mana asalnya, kalau bahasa melayunya orang sebut telekung. Mukena hanya ada dan dipakai di Indonesia dan di Malaysia saja,kalau pun ada didaerah lain itu pun rata2 pemakainya dari asia, nah kalau muslimah dari negara lain bila sholat, mereka menggunakan baju yang rapih, panjang dan tidak berbentuk, seperti jubah atau gamis panjang, yang terlihat hanya muka dan telapak tangan saja. Lho,… lho lho,… Lha kok bisa ??? Humss…..

Dugaanku, orang Indonesia dan Malaysia (&beberapa negara asia) menggunakan mukena karena zaman dulu belum ada orang yang pakai jilbab sehingga ketika perintah sholat dimengerti oleh muslimah Indonesia, maka konotasi salah satu syarat sahnya sholat bagi wanita adalah menggunakan pakaian yang menutupi aurat dan hanya terlihat wajah dan telapak tangan saja. Hal itulah makanya banyak wanita Indonesia yang hanya pakai mukena untuk menutupi aurat ketika sholat saja namun ketika tidak sholat, kembali pada celana panjang ketat dan baju kaos yang membentuk tubuh dengan rambut yang tergerai. Ya ini hal yang ironis memang, tapi karena udah menjadi keseharian jadi banyak yang menganggapnya lazim, lumrah alias biasa (padahal menutup aurat secara syar’i ini ketentuan baku wanita muslim berpakaian lho Sob).

Jadi hanya ketika sholat saja Sob, mereka menggunakan pakaian yang menutup aurat dan hanya memperlihatkan muka dan telapak tangan sampai selesai sholat saja, setelah selesai sholat maka selesai juga menutup auratnya. ^__*! (Ironis ya Sob,..)

Seharusnya bagi wanita muslimah yang sudah menggunakan pakaian menutup aurat yang secara syar’i plus bersih & suci (faham khan maksudnya), tidak lagi memerlukan mukena untuk sholat, tapi karena sudah jadi kebiasaan maka seringkali tetap menggunakan mukena padahal pakaiannya sudah cukup syar’ie untuk sholat. Yang menjadi masalah adalah, mengapa masih menggunakan mukena bila kita sudah berpakaian muslimah dan tidak membentuk tubuh. Seharusnya langsung saja sholat, asalkan tidak menggunakan celana panjang, jilbab pendek dan baju yang berbentuk, maka cukup sah untuk melakukan sholat tanpa mukena, tapi kalau saja dikhawatirkan pakaian tersebut kotor maka oke oke saja sieh memakai mukena. yach bagi sebagian besar biar AFDOL. Dan satu hal lagi yang menjadi pertimbangan mereka selain ke afdolan (menurut mereka) adalah faktor masyarakat kita yang belum terbiasa melihat seorang yang berjilbab syar’i (hijab-longgar tdk berbentuk tubuh) shalat tanpa mukena, bisa2 dinilai dan dianggap aneh (karena menurut mereka ga lazim), dan otomatis mereka berbisik2 antara kawan2nya dan kadang mentertawakanya. “Ntu orang aneh banget yak, orang dari planet mana tuch, baru kali ini liat wanita shalat tanpa mukena, ANEH !!!”-katanya berseloroh.

Ya memang sieh Sob,… Wanita yang belum berhijab (jilbab syar’i) ga mau disalahkan karena alasan ini itu yang seabreg (ga perlu dijelaskan disini entar kepanjangan mbahasnya). Tapi inti yang dibahas adalah KEWAJIBAN MENUTUP AURAT dan bahkan saat beribadah kepada Allah (dalam Shalat), nah ini faktor penting dimana menutup aurat sebagai sarana (ataau bs dibilang salah satu) upaya agar doa dan permohonan serta apa yg kita inginkan diijabah Allah. Ya kalo emang sekarang belum berjilbab, cobalah bergaul dengan mereka yang berjilbab agar secara otomatis agar merangsang diri muslimah tergerak hatinya untuk berjilbab. Bagi yang sudah berjilbab namun kurang pas ketentuannya [semisal, kerudung masih dibalut dileher dan tidak menutup dada, pakaian ketat atau membentuk tubuh -tonjolannya depan belakang itu yg ga nguatin apalagi kalo wanitanya HEBRING alias Mangsrap eh mantap- BLETAKKSSSS!!!! wooiiii,... ini MasBro kok malah mbayangin yang iya-iya sieh !!! Plaksss!!! ], semoga bisa secara bertahap hatinya tergerak dan digerakkan Allah untuk beralih ke Hijab (jilbab syar’i), jilbab besar ini juga kadang masih dianggap “aneh” bagi kebanyakan orang, jadi godaaan dan ujian pemakainyapun terus ada sob. Kudu sabar,… sekali lagi sabaaaaaaaaaaaaaar,…..

Oke coy,… eh sob,… Yang penting buat saya adalah ketika menghadap Allah haruslah berpakaian yang MENTUP AURAT secara Syar’i , ditambah rapi, cantik dan sopan, tidak harus menggunakan mukena, apalagi bila mukena tersebut kotor, kuning ujungnya (hiiiiiiiiii……), seringkali berbintik-bintik hitam dan maaf bahkan bau keringat karena pencuciannya hanya seminggu sekali dilakukan (hueek,..huek,…..cuiih,...) sehingga sah lah mukena menjadi pakaian sholat yang tidak menarik (atau malah mukena yang udah bulukan -ancur maksudnya- gitu, perlu ditanyakan kebersihannya, apalagi kalo cuma ditumpuk ditempat pesholatan). Malu deh rasanya menghadap Allah dengan pakaian yang seperti itu dan penampilan yang seperti itu. Kan kalau kita sholat, kita sedang diperhatikan oleh malaikat dan juga diteropong difoto (actionnnn Cherrrsss!! bletakkss!!).

Coba kita bayangkan pernah gak kita berpose atau berfoto sebagai profil di blackberry, facebook atau foto KTP dengan menggunakan mukena, pasti tidak kan? (inilah korban narsisme yang udah addict- dikit2 foto Jebreeett!!!- Kaya Masbro muda dulu, hayyaahhhh,…).

So.. bila kita tahu bahwa kita sedang menghadap Allah, Pemimpin yang Maha Agung, mengapa kita tidak gunakan pakaian yang bersih dan sayr’ie, wangi dan cantik agar para muslimah tahu menghargai Sang Pencipta.

Karena kalau mau jujur bila suatu saat kita dipanggil Presiden misalnya, kita tentu saja tidak akan menghadap beliau dengan menggunakan mukena kan. Nampak tak sopan, namun kenapa ketika menghadap Allah mereka wanita muslimah menggunakan mukena..? (Ya itu kalo tetep ga mau pake hihab Sob)
Apalagi menggunakan mukena yang lusuh dan bau serta kekuning-kuningan dan sedikit basah di sekeliling wajah. ^___^!

Sekali lagi sob,…. Saran saya bila wanita muslimah bisa menggunakan pakaian yang terindah dan syar’ie, tidak membentuk tubuh, jilbabnya menjulur melebihi dada, tidak sempit, warna tidak mencolok, lalu yang terlihat hanya muka dan telapak tangan saja, mengapa tidak menghadap Allah, resmi dan formal dengan pakaian yang paling indah dan paling cantik.

Ya udah kalo sobat JOmbloSampaiHalal yang belum tergerak untuk berjilbab dikeseharian rutinitasnya, pesen MasBro
“Gimana kalo pake Mukena azza kalo kekantor, ke sekaolah dan aktifitas tiap hari. Udah cukup nutup aurat nkok Sob,…. (asal jgn mukena yng tipiiiiisssss lho ya ^___*!.)

Trus jangan iseng dikasih tali diatas kepala entar kalo kalo lewat orang laen ngira pocong nyasar. Hummss,…..

Yuk sobat Muslimah segera pakai hijab (jilbab syar’i- bukan jilbab gaul lho ya-),kalo alesannya ga punya ya pake azza Mukena yang jelas pasti ada dan tentu masing punya bagi yang merasa dirinya wanita muslim.
Hayo pilih mana sob,…!!!

Kalo masih mau bilang “enggak punya mukena”  apa sobat muslimah ga shalat tuch — ya..ya..ya.. alesan lagi katanya mukenanya minjem temen/tetangga — .
Hadduuuuhhh,….Kalo alesan mulu kapan anda mau maju melangkah kedepan, katanya mau jodoh terbaik, lha urusan pokok nutup aurat secara syar’i azza kok kayak disuruh perang. Gubyaakkksss!!! Cape dech,…..

Wallahua’lam.

Sebagai tambahan Coba simak dalam riwayat Aisyah RA, bahwasanya Asma binti Abu Bakar masuk menjumpai Rasulullah SAW dengan pakaian yang tipis, lantas Rasulullah SAW berpaling darinya dan berkata :

“Hai Asma, sesungguhnya jika seorang wanita sudah mencapai usia haidh (akil baligh) maka tak ada yang layak terlihat kecuali ini,“ sambil beliau menunjuk wajah dan telapak tangan.
(HR. Abu Daud dan Baihaqi)

————–

Untuk penyeimbang bagi kaum adam, sebenarnya ga beda jauh kok Sob Sebagian di antara kita masih biasa sholat dengan kaos oblong, celana jeans yang berlubang, rambut botak samping (model mohawk kali..), dan seabrek penampilan lain yang sebenarnya mereka tahu itu tak pantas. Seharusnya, pakaian yang dikenakan harus bersih, rapi, dan juga wangi, karena memang sedang menghadap Allah. Seberapa tinggi kita menghargai Allah, maka setinggi itu pula Allah menghargai hidup kita sebagai hamba-Nya. Bagaimana Allah mau membaguskan kehidupan kita kalau kita saja malas-malasan menghadap-Nya?

Semoga jadi bahan introspeksi bagi diri MasBro pribadi dan sobat JOmbloSampaiHalal pada umumnya dan kerabat facebook secara Global yang mampu dan nyempetin mbaca artikel ini. Kalo ada kata2 yang ga berkenan atau kurang pas mohon dikoreksi ya sob. Ini sebagai perenungan azza, hasil akhir diri kita masing masing sebagai exsekutor pelaksana untuk kita pertanggung jawabkan secara pribadi dan personal dihadapan Allah.


salam


Kegagalan Cinta Bukanlah Akhir Segalanya

Sobat JOSH (JOmblo Sampai Halal) terkasih,…
Jika memang kegagalan cinta benar benar engkau alami
Kegagalan cinta bukanlah kehancuran
mencintai namun tak bisa menikahi, bukanlah akhir dari segalanya!!!

Oleh karena itu, teruslah berusaha untuk melupakan dirinya
Dan, yang tidak kalah penting, engkau harus berusaha menggali hikmahnyaJangan bermain-main dengan perasaan, karena bisa menjadikn dirimu lemah. Seakan-akan tidak ada yang lebih baik dari dirinya.

Yang terbaik itu tidak selamanya adalah dia yg selama ini engkau kenal.
Yang terbaik itu tidak selamanya dia yang selama ini sering menghantui Istikharahmu. Dan, yang terbaik itu tidak selamanya adalah dia yang selama ini menjadi kawan berjuangmu.

Kepahitan yang engkau alami (ketika dia tdk bersedia bersama2 merajut tali kasih diatas cinta-Nya) sekilas yg tampak adalah kepahitan dan kegetiran semata. Tapi, bila engkau melihatnya dari sudut pandang yang berbeda, engkau pun akan temukan butiran2 hikmah di balik itu semua.

Ketika sang pujaan belum hadir di hadapan, sehingga engkau menyangka Allah tidak memedulikan doa yang kaupanjatkan, maka ketika sudah berhasil mendapatkan, tiada salah dan tiada kata terlambat utk memohon ampunan-Nya. Allah lebih menyukai hamba-Nya yang jujur mengakui kesalahan dirinya daripada hamba-Nya yg berpura2 tdk punya dosa.

So JOSH (Sobat JOmbloSampaiHalal) terkasih yuk introspeksi diri,…
Belajar tulus, ikhlas Lillahi ta’ala atau Dipaksa belajar ikhlas yang pastinya lebih sakit.

Memang ga mudah sob melupakan sosok masa lalu, apalagi kalian sering bersama padahal anda belum menikah, tapi coba sejenaaaaaaak saja anda bayangkan bagaimana sobat kita yang lain harus berjuang dengan perasaan dan hatinya saat dia harus berpisah(bercerai) dengan suami/istrinya karena hal hal tertentu (ga perlu tau masalahnya-itu rahasia diantara mereka), apalagi jika mereka sudah mempunyai momongan, ini bukan hal yang mudah. Selain itu cara pandang masyarakat kita yang masih kolot sering memandang negatif status janda/duda.

Jangan kucilkan mereka dan jangan ambil kesempatan diantara kesepian dan kesendirian mereka. Tolong kita saling menjaga dan menghormatinya
Bagi anda yang masih belum nikah dan ternyata pria/wanita yang selama ini anda harapkan menjadi pasangan hidup, ternyata menikah dengan orang lain. Sekali lagi “IT’S NOT THE END OF THE WORLD Sob,..”Keluar dari kamar dan tempat persembunyian anda, bergaulah dengan orang orang shalih dan majelis majelis majelis dzikir dan doa, temukan ketenangan saat resah dan kegundahan kita mencapai titik puncaknya. Bila mau menangis menagislah namun sisipkan tasbih dan dzikir diantara isak air mata yang menetes.

Kita harus bersyukur kegagalan itu ada sebelum ijab qabul itu diucapkan. Anda harus bersyukur kegagalan itu hadir sebelum buah hati kalian terlahir. Jadi anda tidak mencetak sejarah hidup yang kelam dalam sebuah kenangan. Biarkan Allah mengurai benang kusut masalah kita untuk dikemasNYA dengan cara indah yang kita tidak ketahui.

Ini bukan kata2 indah Sob,…
Ini hanya sebagai penyemangat hidup agar anda tegar dan berusaha memperbaiki diri terlebih dulu, agar anda pantas bersanding dengan pria/wanita shalih shalihah yang tidak mengedepankan masalah nafsu dan duniawi.

Saat ini kita tidak bisa berfikir bagaimana mungkin kita bertahan dalam masa2 sulit begini,…. Namun percayalah sob,… Suatu saat, suatu hari dimasa depan, anda akan mengatakan minimal hal yang sama dan mungkin lebih baik dari ini dan menjadikan rasa pahit sekarang ini sebagai motor penggerak dan kekuatan anda syiar kebaikan dan menajadi energi positif bagi sobat lain agar mereka mampu dan kuat bertahan dan melalui masa masa sulitnya,….

Biarkan kenangan berlalu sob,…
Jika tak mampu dilupakan biarkan hal itu mengendap didalam memori dasar kita,…
Bismillah,…

Yuk kita bangun motivasi energi positif bersama agar menguatkan satu sama lainnya diantara sobat PANTI JOMBLO sebelum HALAL “MasBro” (Hikmah Kesendirian tanpa Pacaran) dam PANTI JOMBLO “MasBro” (High Quality Jomblo) serta kawan kawan di KJRI (Kementrian JOmbloSampaiHalal Republik Indonesia), JOSS (JOmblo Shalih Shalihah), Harmoni Cinta Inspirasi Jiwa, MIGRANT CARE “MasBro” (Sobat JOSH Peduli BMI), Oase Jiwa (Setetes Embun di Padang Pasir) dn sobat facebook lainnya Sob,…

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,…
Semoga Allah selalu menjaga kita dalam setiap nafas dan tasbih kita selama kita berjalan didalam iman dan akidah. InsyaAllah,….

Salam hangat dariku,..
MasBro Kpala PantiJomblo

NB :
Kebijakan Komentar
Kami menyukai umpan balik, tapi mohon berlaku sopan dan tidak melantur topik.
Kami berhak menghapus komentar kotor, Dilarang promosi no HP, No ADD ME, dilarang melecehkan/menghina sahabat dan agama lain, kasar, dan spam (koment sama berulang2) dan sytem memblokir pelanggar berulang


Lupakanlah,…


” Ya Rabbana…….
Engkau menyusupkan rasa itu, di jiwaku, di relung pikiranku, hingga aku pun merasakan Rindu padanya, merasakan cinta padanya. Tapi aku sadar sebenar-benarnya sadar. Ia telah menjadi milik saudaraku.Menjadi Istri/Suami saudaraku…..!!”

Bantu hamba Ya Rabbi…
untuk melupakan rasa ini
Melupakan bayangannya di kelopak mata hamba….!!

Agar jiwa ini di penuhi rasa malu rasa yang mengugah nurani….

***
Sadarlah Sob…
Saat ini Ia bukan milikmu

Lupakanlah ….!!!
Lupakanlah Cinta yang tak berujung Ke Pelaminan

Karena TAK BOLEH ada Cinta tanpa bertemunya dirimu dan dirinya dalam dekapan mesra yang telah Alloh Halalkan, dalam manis bercampurnya dua nyawa dalam kenikmatan surgawi tanpa ikatan suci

Semua itu hanya ada dalam cintaYang telah Alloh Halalkan dalam Pernikahan
Disinilah tempat tumbuh Cinta itu, bukan ditempat lain Sob,..

***
Ya Rabb,…..
Aku melepas kan rasa ini dgn sepenuh2nya permohonan dan pengharapan hanya mengharap ridla padaMu
untuk Engkau GANTI DENGAN YANG LEBIH BAIK walau tak serupa dengan dirinya
Jaga hati ini sampai semuanya halal untukku hanya bagi pendamping hidupku nantinya
Jika memang diseberang sana jodohku berada maka pautkan hatinya dengan hatiku pada saat dan waktu yang tepat dan terbaik
dimana aku mampu untuk lebih ber sabar dan ikhlas Lillahi ta’ala untuk menjemputnya karena mengharap kasih MU
Ku serahkan semuanya pada-Mu ya Allah
Jika memang dia yg terbaik untukku maka pertemukanlah kami dalam Cinta & Ridla-Mu…. Aamiin!

“Bariskan harapan pada istikharah sepenuh hati ikhlas. Relakan Allah pilihkan untukmu. Pilihan Allah tak selalu seindah inginmu, tapi itu pilihan-Nya.
Tak ada yang lebih baik dari pilihan Allah. Mungkin kebaikan itu bukan pada orang yang terpilih itu, melainkan pada jalan yang kaupilih. Atau mungkin kebaikan itu terletak pada keikhlasanmu menerima keputusan Sang Kekasih Tertinggi. Kekasih tempat orang-orang beriman memberi semua cinta dan menerima cinta.”

MasBro Kpala PantiJomblo III
MasBro Kpala PantiJomblo II
MasBro Kpala PantiJomblo
staff KJRI (Kementrian JOmbloSampaiHalal Republik Indonesia)
Share for PANTI JOMBLO sebelum HALAL “MasBro” (Hikmah Kesendirian tanpa Pacaran)
JOSH (JOmblo Sampai Halal)
JOSS (JOmblo Shalih Shalihah)
So JOSH (Sobat JOmbloSampaiHalal)


JOMBLO Ga Laku Laku (Emangnya Jualan Sob ?!)

“Aku jomblo,skaligus tak laku2,selalu d tolak sma cewek yg q suka”-keluh sahabat

^___^!
Hadduh mulai dr mana nie mbahasnya,…
Status Jomblo ntu sob bukan sprti JUAL BELI, loe suka ane suka yuk jadian !
Nah,kalo kita nembak orang yg kita suka unt apa??? Pacaran? Pendekatan? Atau mmg serius unt nikah? Kalo unt nikah kok ngebet bgt sampe ditolak sana sini?

Coba introspeksi diri kekurangan apa yg ada pd diri kita hingga kita tiada nilai plus dimata mreka. Cobalh minta yg tbaik pdNya karena dengan getolnya kita nembak sana dan sini kalo toch itu diterima apakah benar niat awal kita? atau itu ternyata sebuah nafsu untuk bisa merasakan nyaman atau hanya sebagai pembuktian bahwa “NIEH GUE DACH LAKU ?” Gubyaakkss!!!

Kayaknya ada yg salah dech sob. Knapa???
Ini bukan masalah laku atau tidak laku, dan bukan masalah suka apa tidak suka atau masalah ditolak bertubi tubi dan tiada tara. Namun dari statement diatas mengisyaratkan bahwa kita yang terlalu ambisius terhadap sesuatu hingga menyamarkan nilai ibadah dalam sebuah hubungan.

Dengan prosentase perempuan lebih banyak dari pria, dan bahkan bisa mencapai 3:1 (mnurut suvey bbrp tahun lalu) seharusnya ini menjadi salah satu indikator bagi kita untuk bisa menjadi berlian diantara hamparan pasir yang berjibun

Maksudnya apa MasBro kok ada belian ama pasir sgala???

Gini lho sob, kalo kita diantara hamparan pasir ya kalo ingin terlihat ya jadilah sosok yang memiliki nilai lebih diantara sebagian besar lainnya yang bisa2 saja. Jadi ga perlu dipusingkan berapapun perbandingan antara pria dan wanita karena hanya sosok yang berkualitas yang akan lebih banyak di idam idamkan untuk bersama sama membangun rumah tangga dan mempertahankan nilai keharmonisan tersebut diantara beragam msalah yg datang

kalo kita tetap stagnan dan terus ga mau memperbaiki diri ya itu pilihan anda. Karena siapapun anda, sebejat apapun kita tentu kita inginkan pasangan hidup kita entar adalah orang yang bisa membimbing kita untuk meraih ridlo Allah melalui indahnya rumah tangga.

Nah kalo konsep perbaikan diri ini ga anda lakukan dari sekarang, dan kalaupun nanti status jomblo anda diangkat dan distempel “HALAL” maka jangan kaget jika biduk rumah tangga yang anda harapkan indah bersama suami/istri ternyata malah seprti NERAKA DUNIA. Yang ada hanyalah pertikaian ceksok yang tiada berkesudahan. Apakah ini yang mau anda wujudkan untuk maghligai rumah tangga anda kelak??? Ouuuwww tentu tidak khan???!!

Kembali ke pokok masalah diatas sob,…
Coba kita tanya pada diri kita masing masing,

“Apakah sudah meluruskan niat ‘menembak’ lawan jenis untuk ibadah yang arti kata lain ‘tembakan anda’ untuk membina rumah tangga yg berlandaskan akidah dan akhlak yang baik sesuai syariat ???”

Kalo cara dan niat awal anda sudah salah, bagaimana mungkin tujuan anda akan benar???

memang sieh sob jodoh Allah yang ngatur, namun ya ga segitunya kale sampe ngobral kesana kesini seolah olah kita ntu ga laku2. (Justru anda sendiri yang memindset otak anda bahwa anda ga laku-ini jadi semacam doa lho sob- makanya hati2 kalo mikir dan ngomong)

Knapa kita merasa ga laku ???
Mungkin karena kita sering ditolak !!!
(kalo ga gitu ya gmn mau tau kalo kita ga laku iya khan??? hehehehe,…)

Knapa kita ‘selalu’ ditolak ???
Mungkin karena kita keseringan nembak seseorang/lain jenis khan???
(Coba kalo ga nembak ya ya bakalan ditolak khan-makanya jangan asal nembak coy-)

Lha trus gimana MasBro ??
Namanya khan usaha?

Iya sob,,…
Doa tanpa usaha itu ga tau diri dan ga ikhtiyar namanya
Usaha tanpa doa itu artinya kita sombong
Nah fokus utama pada saaat kita merasa ‘suka’ dan tertarik terhadap lawan jenis ini kudu ditelaah dan diredam dulu tanpa perlu digembar gemborkan. Mualilah dari pembenahan diri apakah kita sudah pantas bersanding dengan si ‘dia’. Sinergikan dengan kekuatan doa dan berharap “yang terbaik” bahwa itu pilihan Allah, dan kita jangan mendikte Allah atas apa yang kita inginkan makanya minta yang terbaik buka meminta si A atau si B atau si C, D, E F sampe Z mjd suami/istri anda (kok banyak banget mintanya yak!! Hadduhh,.. Gubyaakkss..!!)

Disela sela keresahan kita atas angan angan impian ingin hidup bersama si dia selayaknya di imbangi oleh kesadarn diri bahwa apa yang terlihat saat ini dari sosok dirinya itu masih terbungkus rapi oleh prilaku baiknya diluar. Kita ga tau ada apa dibalik pribadi dia (sisi buruknya) yang tersembunyi maka dari itu sertakan Allah untuk campur tangan dalam masalah yang kita hadapin sob

Kalo perlu selain jadual 5 waktu on time (wah Allah seneng tuch kalo kita absennya tepat waktu ga jadi hamba yg “telat-tan” (bukan teladan lho ya)), apalagi kalo di tambahai tahajud,dhuha, hajat juga puasa. InsyaAllah hati lebih tenang ga ‘kemrungsung’ (meriang-tergesa2) karena yakin pilihan Allah adalah sebaik baiknya pilihan

Sudah banyak contoh bahwa pacaran/hubungan dekat sekian lama (sampe bertahun2) tidak menjamin sampe kepelaminan atau menjamin keharmonisan rumah tangga. dan tidak sedikit pula sahabat teman dan bahkan sodara yang baru kenal 1-2 buan malah tau tau menikah (eeiittt,… ini nikah bukan karena hamil duluan lho ya,…)

Nach, coba benahi doa kita dalam tiap sujud dan cobalah merajuk dan bermesraan dalam tasbih cinta kepadaNYA.

MINTALAH JODOH/PASANGAN HIDUP YANG TERBAIK YANG BISA MEMBIMBING ANDA &KELUARGA MENUJU SYURGA DUNIA YANG MENGGIRING PADA TUJUAN UTAMA YAITU SYURGA SEBENARNYA DALAM KEHIDUPAN SETELAH MATI

Sebenarnya apa yang MasBro coba share dan berbagi dengan sahabat sejatinya pembelajaran untuk diri MasBro pribadi dalam menyelami siapapun yang nantinya menjadi pasangan hidup ini. Karena tiap pribadi adalah karakter “unik & special” yang sangat berbeda jauh dengan kita.

Maka dari itu jangan resah siapa sieh jodoh kita kelak kalo kita mau berusaha dan mencoba mampu unt

“MENCINTAI SOSOK YANG KITA NIKAHIkarena kita GA SELALU BISA MENIKAHI YANG KITA CINTAI”

Jangan umbar dan biarkan lepas kendali rasa sayang dan cinta anda jika itu belum mendapatkan CAP HALAL dari dinas terkait terutama dari hukum agama. Jika label halal itu sudah ada maka dorong rasa sayang itu semakin tinggi dan cobalah berimprovisasi untuk jatuh cinta lagi walaupun anda sudah menikah. LHO KOK???
(kayaknya statement MasBro menyesatkan niech!!! ngajakin selingkuh ya Masbro !!!)

Humssss,….
Emang salahkah kalo kita berimprovisasi dengan rasa kasih sayang &cinta terhadapa pasangan hidup suami/istri dan kita ajak masing pasangan untu jatuh cinta lagi,… lagi…. lagi… dan lagi,…..(berapa banyak??? ratusaaaan!!! ^___*!) Meskipun kalian sudah menikah, emangnya boleh ???

Siapa bilang ga boleh, sini biar masBro jebret karet!!!
Justru itu HARUS dan harus!!
Sekali lagi Harus !

Buat anda jatuh cinta lagi dan lagi terhadap suami/istri anda sendiri (ingat, buka istri/suami orang lain lho ya!).
Apakah itu salah ???

Oke pembahasan ga perlu melebar ya Sob,…
entar disambung lain kali azza masalah jatuh cinta berkali2 ini.

Untuk penutup MasBro tulis doa pengharapan sebagai motivasi anda meminta yang terbaik tanpa harus memaksakan kehendak pada Allah siapa pilihan kita. MasBro yakin anda bisa lebih indah merangkai kata dalam sujud untuk segala haran dan doa yang tertasbih,…

Moga bermanfaat ya Sob,…

PENGHARAPAN,…(dalam peluh jiwa yang terisak,…)

Ya Allah…

Seandainya telah Engkau catatkan dia akan menjadi teman menapaki hidup

Satukanlah hatinya dengan hatiku

Titipkanlah kebahagiaan diantara kami

Agar kemesraan itu abadi untuk meraih syurga dunia akhirat MU

 

Dan ya Allah…

ya Tuhanku yang Maha Mengasihi

Seiringkanlah kami melayari bahtera hidup ini

Ke tepian yang sejahtera dan harmonis penuh belas kasih dan cinta

Tetapi ya Allah…

Seandainya telah Engkau takdirkan……

Dia bukan milikkuBawalah ia jauh dari pandanganku

Tolong luputkanlah ia dari ingatanku

Ambillah kebahagiaan ketika dia ada disisiku

Dan peliharalah aku dari kekecewaan

Aku mohon dengan sangat ya Rabb


Serta ya Allah ya Tuhanku yang Maha Mengerti…

Berikanlah aku kekuatan

Melontar bayangannya jauh ke dada langit

Hilang bersama senja nan merah

Agarku bisa berbahagia walaupun tanpa bersama dengannya

Dan ya Allah yang tercinta…

Gantikanlah yang telah hilang

Tumbuhkanlah kembali yang telah patah

Walaupun tidak sama dengan dirinya….


Ya Allah ya Tuhanku…

Pasrahkanlah aku dengan takdirMu

Sesungguhnya apa yang telah Engkau takdirkan

Adalah yang terbaik buatku

Karena Engkau Maha Mengetahui 

Segala yang terbaik buat hambaMu ini


Ya Allah…

Cukuplah Engkau saja yang menjadi pemeliharaku

Di dunia dan di akhirat

 

Dengarlah rintihan dari hambaMu yang daif ini

Jangan Engkau biarkan aku sendirian

Di dunia ini maupun di akhirat

Menjuruskan aku ke arah kemaksiatan dan kemungkaran

Maka karuniakanlah aku seorang pasangan yang beriman

Supaya aku dan dia dapat membina kesejahteraan hidup

Ke jalan yang Engkau ridhai


Dan karuniakanlah padaku keturunan yang shaleh salehah

sosok mujahid mujahidah pilihan yg tangguh, cerdas, taat dan bijak

yang menjadi amal tiada terputus kedua orang tuanya

 

Aamiin… Ya Allah…

Ya Rabbal ‘Alamin

Salam hangat untuk sobat JOSH (JOmblo Sampai Halal) terkasih
MasBro Kpala PantiJomblo
MasBro Kpala PantiJomblo II
MasBro Kpala PantiJomblo III
Staff KJRI (Kementrian JOmbloSampaiHalal Republik Indonesia)
Share for PANTI JOMBLO sebelum HALAL “MasBro” (Hikmah Kesendirian tanpa Pacaran)
for So JOSH (Sobat JOmbloSampaiHalal)
MIGRANT CARE “MasBro” (Sobat JOSH Peduli BMI)
JOSS (JOmblo Shalih Shalihah)

NB :
Kebijakan Komentar
Kami menyukai umpan balik, tapi mohon berlaku sopan dan tidak melantur topik.
Kami berhak menghapus komentar kotor, Dilarang promosi no HP, No ADD ME, dilarang melecehkan/menghina sahabat dan agama lain, kasar, dan spam (koment sama berulang2) dan sytem memblokir pelanggar berulang

….


“Think Out the Box”, Let’s Think BIG,start small and Grow Fast,…

“Kapan ya jodoh ku datang ? Udah bosen nge Jomblo terus nich!! ada yang mau ama aku ga??? “-resah sahabat

So JOSH (Sobat JOmbloSampaiHalal) so hero,…
Mati,Rizki&Jodoh itu misteri, knapa pula kita ribet2 mikirin hak prerogratif Allah ?

Tugas kita ialah,benahi diri mpersiapkn hati rasa&kebijaksanaan diri saat masa itu tiba dgn pendewasaan hati dlm mcari solusi dr stiap msalah yg ada selama kita “brojol” di dunia hingga kini&yg akn datang

Skali lg,ini bukan skedar mlepas ms lajang/penyaluran syahwat namun sbuah pjuangan mbangun rmhtgga unt mgapai ridlo Allah demi syurga khidupn stelah mati (akhirat)

Proses persiapan mbangun rumah tangga memang diawali dari karakter, kepribadian dan akhlak masing pasangan demi terwujudnya sinergi (win-win solution) dalam rumah tangga

Jangan anda berfikir pasangan hidup anda tahu dan mengerti anda seutuhnya Sob,..

Dia (pasangan hidp-suami/istri) bukanlah paranormal yg seolah tau segalanya yg ada dibenak anda. Mulai dari sekarang belajarlah komunikasi secara sehat, komunikasi 2 arah secara lisan yang bisa dimulai dari bagaimana anda menhadapi berbagai macam karakter teman dan sahabat juga bagaimana anda bersikap terhadap orang tua. Karena secara disadari atau tidak, cara anda bersikap terhadap lingkungan itu mempunyai andil besar dalam membaangun pondasi bersama suami/istri anda kelak.

Coba anda bayangkan Sob,….
Kita azza yang mulai lahir dan gede kayak gini bersamaa orang tua atau orang2 yang mengasuh kita (saling tahu karakter masing2) saja sering terjadi pertikaian dan masalah yang kadang ga bisa dibilang simple. Apapaun itu masalahnya, kita tetap berada dalam lingkungan tersebut (keluarga) karena ada kekuatan dan energi tali bathin yg kuat diantara kalian.

Pertanyaannya,….
Jika nanti dalam membangun rumah tangga kita dihadapkan dengan berbagai masalah yang ga kecil dan kadang diuji Allah denga hadirnya pihak ke 3 apakah kita mau dan mampu bertahan dalam rumah tangga tersebut ???

Karena, mau tidak mau dan sadar tidak sadar, dengan kehidupan yang monoton tanpa adanya saling menumbuhkan kembali rasa sayang diantara suami/istri dalam kondisi tertentu bisa mencapai titik jemu. Kok bisa ???
Ya logikanya gini sob, kalo kita terbiasa makan ayam goreng setiap hari kadang kita ingin hal lain seperti makan tempe atau tahu. Iya apa iya ???

Nah disinilah kita dituntut secara cerdas,keras, dan tuntas menjaga dan merawat rasa yang awalnya indah untuk tetap harmonis. Dan jujur ini memang kudu di imbangi kedua belah pihak. Kuncinya ialah diantara masing masing kita kudu berfikir positif dan kurangi setengah hak dan ego kita untuk lebih mengedepankan yang namanya kewajiban.

Ingat sob, anda punya hak dicintai, dan dia pun sama,…
Anda punya hak untuk diperhatikan dan iapun sama. Jadi cobalah setiap melakukan apapun sedikit bertfikir dahulu bagaimana jika anda dalam posisi pasangan anda ???

Pokoknya jangan bermain dengan “Kotak Pemikiran” anda saja, buka mata dan hati serta cobalah bersosialisasi secara sehat dan bijak dengan mendekat kepada orang orang yang banyak memberikan hikmah positif dalam kehidupan anda mulai dari sekarang. Ingat Sob,… MasBro maksudkan disini bukan hanya guru spiritual (ustad/kyai/murabi/guru) tapi sahabat,teman yang slalu berani berkata yang sebenarnya dan mau menegur kita jika salah !!! Boleh saja masukan datang dari sana dan sini namun keputusannya ada ditangan anda untuk menentukan jalan anda sendiri. Lets “Think Out The BOX”. Buka pola fikir anda jangan ngumpet dibalik tempurung kelapa kayak kodok takut dengan luasnya dunia.

Nah,…
Sekarang bagi sobat JOSH yang masih single kalo masih bertanya kapan saya menikah saja tanpa mempersiapkan diri dari sekarang dengan belajar dari masalah hidup sepahit apapaun itu saat ini berarti anda tidak belajar apa yang kita bahas diatas.

Anda pasti ingin sosok pendamping hidup kita nantinya adalah sosok yang bijak, taat dan penuh kasih sayang serta perhatian dan mampu menjadi sosok yang dewasa. Dan itu bisa dimulai dari diri kita sendiri, minimal kita bisa menularklannya pada pasangan hidup kita kelak untuk lebih arif dalam menjaga kestabilan emosional dan perasaan.

Silahkan Sobat JOmbloSampaiHalal mengambil jalan mana anda dalam menjemput kekasih halal kalian, entah dengan prinsip dan aturan gama atau dengan cara2 yang bathil penuh kemaksiatan ??? Karena itu hidup anda dan itu pilihan anda.

MasBro dan sobat JOSH lain disini hanya ingin berbagi saling menguatkan serta belajar, bukaan untuk siapa2 melainkan untuk diri kita masing2.

Yuk mulai dr sekarang kita “reduce” (mengurangi) sifat ‘childist’ kita untuk bisa lebih memaknai hidup dan bisa Lillahi ta’ala dalam setiap langkah yang kita ambil semata2 untuk beribadah dan menggapai ridlo NYA.

Luruskan niat dan bulatkan tekad
Think BIG, start small Grow Fast,……..

Bismillah,…

Salam hangat dr Masbro Kpala PantiJomblo
staff KJRI (Kementrian JOmbloSampaiHalal Republik Indonesia)
Semoga Allah meridloi setiap niat baik dan tulus kita semua. Aamiin

Share for
PANTI JOMBLO sebelum HALAL “MasBro” (Hikmah Kesendirian tanpa Pacaran)
JOSH (JOmblo Sampai Halal)
JOSS (JOmblo Shalih Shalihah)
DOMPET DHU’AFA JOSH (Sobat JOmbloSampaiHalal Berbagi Kasih)
MIGRANT CARE “MasBro” (Sobat JOSH Peduli BMI)


Gara-gara FACEBOOK

“Miaaa…..tidur !!!! Kamu tuh udah jam 12 masih aja chatting, besok sekolah juga!” kata mama sambil bertolak pinggang,
“Iya iya mamaaaa… ini aku mau tidur, udah mama enggak usah khawatir besok mia bakalan sekolah kok” kata Mia tapi wajahnya masih melihat komputer bukan mamanya
“Kamu tuh Cuma iya iya aja, tapi masih serius chatting, dibangunin susah juga! pokoknya dalam hitungan ketiga enggak tidur mama bakar komputernya !!! Satu….dua…” kata mama dengan serius

Dengan sigap Mia langsung mematikan komputernya dan menarik selimutnya

Selalu seperti itu kejadian di malam hari yang berlangsung 2 bulan ini semenjak datangnya facebook. Ya facebook adalah sebuah program yang bisa menghubungkan kita dengan orang-orang seluruh dunia, berbagi informasi dan lain sebagainya,dan ditambah aplikasi chatting yang sangat digemari anak-anak muda saat ini. Itulah yang menjadi aktifitas rutin seorang pelajar SMA bernama Mia ini, sebelum tidur sepertinya wajib membuka facebook dan yang lebih parahnya kerap kali teman-teman kelasnya memergokinya sedang asik membuka facebook via handphone di kelas ketika pelajaran berlangsung.

“Miaaaa… banguuuun! sudah jam berapa ini! Ayo cepat sholat shubuh!” teriakan sama seperti di malam hari, dengan malas Mia pun beranjak dari tempat tidurnya
“Makanya jangan chattingan terus! sholat shubuh jadi kesiangan, terlambat sekolah pula!” ocehan mama yang sama di pagi hari sebelumnya.

Ternyata prediksi mama benar, Mia pun lagi-lagi terlambat ke sekolah untuk yang kesekian lagi. Dengan ocehan yang sama seperti kemarin pak guru pun menyuruhnya masuk.

“Pasti gara-gara chatting semalem” celetuk teman sebangku Mia yang bernama Arin,
“Shuuut… berisik ah! suka-suka aku dong!” kata Mia dengan acuh tak acuh.
Arin hanya menggelengkan kepala, sepertinya sudah tebal mukanya sampai-sampai dia tidak peduli dengan sekitarnya.

Pelajaran hari ini adalah matematika, pelajaran yang sangat digemari Mia, tapi sepertinya dia sedang asik dengan sesuatu yang berada di kolong mejanya yaitu handphone. Arin hanya melirik sebentar lalu dia memerhatikan pelajaran lagi, dia sudah bosan memperingatkan Mia. Teringat dulu bagaimana Mia berusaha keras bagaimana bisa mengaktifkan facebook di handphonenya.

“Teeeet…..teeeet…..”bel istirahat berbunyi
”Mi, ke kantin yuk!”ajak Arin
“Enggak ah,males!lagi serius nih!” kata Mia yang matanya masih terfokus kepada handphone miliknya
“Dasar!emangnya main facebook bisa kenyang ya?” tanya Arin dengan nada mengejek, tapi Mia pura-pura tidak mendengar dan sibuk dengan facebooknya.

Hampir setiap hari seperti itu, sampai-sampai Arin mengeluh kepada salah satu teman kelasnya,
“Aku tuh heran sama si Mia, dia tuh sampe enggak laper pas istirahat, ke sekolah terlambat, kayaknya otaknya udah dicuci sama facebook”.

Pernah suatu hari Arin menyembunyikan handphone milik Mia, karena dia sudah kesal melihat tingkah laku teman duduknya.

“Ya ampun…! mana hapeku ya? eh kalian, ada yang ngeliat hapeku enggak?” tanya Mia kepada seluruh teman kelasnya. Anak-anak kelas hanya menggelengkan kepala dan ada sebagian mereka yang tidak peduli karena menurut mereka itu bukanlah suatu hal yang penting.
“Duh…dimana yaaa???” Tanya Mia sambil mengelilingi kelas dan memeriksa tas teman-temannya satu-persatu, tapi hasilnya dia tidak menemukan apa yang dia cari.

Arin hanya tersenyum kecil melihat tingkah Mia yang seperti anak kecil kehilangan permen, dia ingin memberi pelajaran agar Mia memperhatikan pelajaran yang diberikan guru. Ternyata usaha Arin sia-sia, ketika pelajaran berlangsung Arin fikir bahwa Mia akan memperhatikan pelajaran,tapi ternyata dia TIDUR! Ya ampun… sepertinya Arin mulai menyerah dan ketika pulang sekolah dia menitipkan handphone milik Mia kepada salah satu tetangganya.

Sampai di rumah Mia melanjutkan aktifitas facebooknya, belum mengganti baju dan melepas kaos kaki dia sudah siap siaga di depan komputer miliknya. Mama langsung datang ke kamar Mia,

“Ya ampun miaaa… pulang sekolah bukannya ganti baju malah langsung facebook-an, sholat dzuhur dulu cepetan!”
“Iya iya ah!” kata Mia dengan malas-malasan
“Kalau pulang sekolah tuh sepatu ditaruh ke tempatnya lagi, masa sepatu sampai ruang tamu!” ocehan mama masih berlangsung, tapi Mia tidak memperdulikannya.

Waktu menunjukkan jam 7 malam, tapi Mia masih duduk serius di depan komputer. Di ruang tengah rupanya papa dan mama Mia sedang mendiskusikan anaknya yang mempunyai kesibukan baru, yaitu facebook-an

“Pa,anak kita ini harus digimanain lagi? liat tuh akhir-akhir ini dia enggak pernah belajar, tidur malam, bangun kesiangan”
“Udahlah ma kita biarin aja dulu, kalau si Mia udah kena resikonya baru dia sadar. Soalnya anak seumuran dia udah enggak mempan kalau dinasehatin, Mia udah dewasa ma, pasti kalau udah kena buruknya dia pasti akan sadar sendiri” ucap papa bijak.

Ketika pulang sekolah seperti biasa Mia langsung ke depan komputer masih mengenakan baju seragam, tapi ternyata koneksi terputus

“Wah kayaknya ini sengaja deh sama mama” kata Mia sambil mencari akal agar dia tetap bisa facebook-an, dia melirik handphonenya tapi ternyata baterainya habis.

Langsung tercetus fikiran ke warnet gang sebelah tanpa mengganti baju seragamnya. Senja pun mulai turun, tapi Mia tak kunjung pulang, mamanya khawatir dia tidak pulang juga. Rupanya Mia tidak izin bahwa dia pergi ke warnet, mamanya langsung menelpon teman-temannya satu-persatu

“Halo Arin, ini mamanya Mia, Mia ada disitu engga?”
“Enggak ada tante, perasaan tadi dia udah pulang bareng aku dari sekolah” kata Arin di seberang sana.

Sampai malam hari baru terdengar suara ketukkan pintu, setelah dibuka terlihatlah muka mama yang seperti siap menerkam siapa saja yang ada dihadapannya.

“Dari mana aja kamu masih pake baju sekolah hah?” bentak mama, “Da…da…ri…war…net maa” ucap Mia sambil terbata-bata
“Dari warnet? adaaa aja akalmu buat bisa main facebook! dari jam berapa kamu disana?”
“Dari….emm..”
“Dari jam berapa?!” nada mama makin meninggi
“Dari pulang sekolah ma” kata Mia dengan menundukkan kepalanya

“Astaghfirullaaaah….pasti kamu enggak sholat dzuhur, ashar, sama maghrib! pokoknya mulai besok enggak boleh keluar rumah abis pulang sekolah! udah tidur sana, jangan lupa sholat isya!” oceh mama sambil mengusap-usap dadanya.

“Eh,kemaren kamu ke mana abis pulang sekolah?” Tanya Arin ketika jam istirahat, “Ke warnet,eh iya entar bilangin ya kalau aku sakit tiba-tiba” ucap Mia sambil membereskan buku-bukunya
“Mau ke mana lagi kamu?” Arin berusaha mencegahnya, tapi Mia sudah hilang dari pandangannya, padahal sehabis istirahat adalah pelajaran matematika yang biasanya Mia tidak pernah lewatkan.

Tahukah kalian apa yang dilakukan Mia?
Dia pergi ke mall dekat sekolah untuk membeli modem. Ternyata dia berusaha agar dia tetap bisa online setiap hari, dan dia sengaja bolos sekolah karena sehabis sekolah dia tidak diperbolehkan oleh mamanya untuk keluar rumah.

Sampai di rumah Mia langsung pergi ke kamarnya dan mengunci pintu kamarnya, dia takut tiba-tiba mamanya masuk ke kamarnya. Mamanya senang beberapa hari ini Mia diam di kamarnya dari pulang sekolah. Padahal yang dilakukan anaknya masih seperti yang dulu. Dengan rapi Mia menyembunyikan semuanya seperti tidak ada unsur-unsur kalau dia melakukan kegiatan rutinnya, yaitu facebook-an. Mamanya pun tidak tahu bahwa handphonenya Mia bisa mengakses facebook.

“Eh,belajar kek, jangan fb-an mulu! seminggu lagi ujian mid-semester juga” kata Arin
”Heh, dibilangin malah serius fb-an, ya udah terserah kamu”.

Mia hanya melihatnya sebentar dan dengan cuek dia bermain-main lagi dengan handphonenya. Tak terasa bel pulang sekolah berbunyi, Mia tergesa-gesa pulang sepertinya tangannya mulai gatal ingin bermain facebook.

”Miii…!” panggil Arin sambil berlari-lari mengejar Mia
“Duh ngapain lagi sih si Arin, pasti disuruh belajar” gumam Mia
“Mi, ikut belajar kelompok yuk, itung-itung nyicil buat mid-semester,ya ya?” ajak Arin dengan bersemangat
“Duh,kayaknya enggak bisa deh, soalnya aku ada perlu sekarang” kata Mia sambil garuk-garuk kepala
“Halah,palingan juga kamu mau fb-an, ya udahlah terserah kamu!” ucap Arin dengan nada lemas.

“Kayaknya rumah sepi nih!” ujar Mia dengan senang, dia masuk ke rumah sambil bernyanyi-nyanyi kecil.

Tiba-tiba
”Eheemm…Mia, sini kamu!” teriak mama dari ruang tengah, dengan spontan wajah Mia berubah pucat pasi
”Ini namanya apa Mia?” tanya mama sambil memperlihatkanku sebuah benda kecil berwarna hitam seperti flashdisk,ternyata itu modem!.

Mia lupa menyembunyikan modemnya di malam hari, ternyata dia ketiduran dan modemnya masih menempel di komputernya.

“I..i..itu…modem” jawab Mia ketakutan.
”Oh, ternyata kemarin kamu minta uang beli buku sama mama buat beli modem bukan buku?”, tapi Mia hanya terdiam.
“Mulai besok uang jajanmu dipotong, modem dan komputernya mama sita biar kamu belajar buat mid-semester” ujar mama.

Dengan lemas Mia melangkahkan kakinya menuju kamar tidurnya. Sesampai di kamar Mia tidak membuka buku pelajaran melainkan memainkan handphonenya bermain facebook

“Untung tadi aku beli pulsa dulu sebelum uang jajanku dipotong,terus juga mama enggak tahu kalau aku bisa fb-an lewat hape” gumam Mia dengan senang.

Hari demi hari berlalu, tak terasa bahwa mid-semester akan datang dalam jangka waktu 3 hari lagi. Akan tetapi Mia tidak pernah membuka buku pelajaran dan yang dibukanya melainkan telepon genggamnya.Arin pun sepertinya sudah mulai tidak peduli dengan tingkah teman sebangkunya, walaupun dia menasehati Mia, dia tidak akan mendengarnya seolah-olah tidak ada yang berbicara dengannya.

“Semua buku-buku yang ada sangkut pautnya dengan pelajaran silahkan ditaruh di meja ibu” perintah bu guru.

Di pojokkan kelas terlihat jelas wajah Mia yang pucat pasi, karena dia belum belajar sedikit pun, dan yang lebih mengerikan jadwal mid-semester hari ini matematika! Pelajaran yang sangat digemarinya dan tak pernah dia mendapat nilai kecil di pelajaran ini. Dengan gelisah Mia mengerjakan lembar ujiannya. Hasilnya setiap mata pelajaran mid-semester tidak ada satu pun yang bisa Mia kerjakan. Ada sedikit penyesalan di dalam hatinya, dia pun melirik teman sebangkunya Arin, dengan lincah jari-jari Arin mengisi lembar jawaban.

Seminggu kemudian hasil mid-semester dibagikan kepada murid-murid. Ketika nama Mia dipanggil dengan gelisah dia mengambil kertas hasil ujiannya. Tahukah kalian? Terlukis gambar tongkat berdiri di atas lembar ujiannya, dan satu hal lagi lembar jawaban ini ternyata pelajaran matematika, pelajaran yang selalu nilai Mia tertinggi di kelas dan berubah menjadi nilai 1.

Mia berlari meninggalkan kelas sambil menangis, Arin pun berusaha mengejarnya. Terlihat jelas di bawah mejanya ada sebuah telepon genggam sedang membuka aplikasi facebook, aplikasi yang membuat seseorang lupa waktu, lupa kewajiban dalam dirinya. Kita bisa mengorbankan waktu dan biaya hanya ingin bermain lewat aplikasi ini.

Semoga bermanfaat dan penuh Kebarokahan dari Allah…

***Sebuah Cerpen indah Karya Nurul Azizah (Iis)
at. keykoneechan.multiply

***
Share for PANTI JOMBLO sebelum HALAL “MasBro” (Hikmah Kesendirian tanpa Pacaran)
MIGRANT CARE “MasBro” (Sobat JOSH Peduli BMI)
So JOSH (Sobat JOmbloSampaiHalal)
JOSH (JOmblo Sampai Halal)
JOSS (JOmblo Shalih Shalihah)


Facebook ku,… Diaryku !

Assalamu’alaikum

Sob,….
Tidak dipungkiri jika Facebook yang nota bene jejaring sosial didunia maya ternyata pengaruh dan imbas positif maupun negatif sangat mempengaruhi kehidupan didunia nyata kita. Malah kayak makanan sehari hari ya sob!!!

Sudah bukan rahasia lagi jika sarana jejaring sosial lainnya ikut ambil peran dalam masalah tersebut. Cuma masalahnya ialah jejaring sosial di dunia maya lainnya ga nge BOOOM kayak Facebook, tau khan anda spt YM, MIG 33, juga Twittwer & konco2ne. Nah dengan pergaulan yang tanpa batas didunia maya ini tidak disertai dengan kebijakan dan niat baik pemakainya.

Disatu sisi ada sobat yang niatnya baik menggunakan Facebook untuk menimba ilmu, dan nilai positif lainnya dan bahkan ada sobat yang cerdas bisa menghasilkan uang secara halal via FB.

Disisi lain, tidak sedikit pengguna lain yang tidak bertanggung jawab mengunakan fasilitas Facebook untuk niat buruknya, menggaet lawan jenis yang sering tidak memandang bulu (emang bulunya siapa yang mau dipandangi MasBro??? BLETAKKSSss!!! jgn piktor achh!!!) target sasarannya, mulai yang single sampe orang yang sudah berkeluarga !!!
Busyeett dach !!!
Gimana kalo kluarga dia sendiri yang diacak2 ???
Kagak mikir kale tuch orang -atas nama napsu yang dibalut cinta-!! astagfirullah,……

Memang sieh sob,…
“Ga ada asap kalo ga ada api,…!!!”
Mangsudnya,ialah berhati hati dalam menggunakan Facebook dan menerima perlakuan orang lain entah yang sudah dikenal ataupun belum di Fb. Jangan sembarangan nulis status/catatan yang mengungkap rahasia dalam negri rumah tangga anda (bagi yang suah berkeluarga), atau jangan dikit lebay update status yang cuma menerangkan kondisi hati anda.

Tersadar ga sieh kalo anda bisa saja di awasi oleh banyak mata dar yang kenal hingga ga tau siapa dia. Apalagi kalo wajah dan tubuh anda yang menengah keatas (ya katagori mulai dari yang cukup ganteng/tampan hingga Cuaakep bertubi-tubi)

Makanya jangang bangga dulu kalo anda cakep dan masang foto cantik/tampan anda di FB, karena secara otomatis anda membuka peluang orang yg ga dikenal masuk kedalam kehidupan pribadi anda mulai dari awalnya inbox, coment minta no hp trus janjian ketemu di dunia nyata dan seterusnya.
Sadar atau engggak kalo hal itu berawal dari anda memasang foto indah anda di FB,….. Monggo kalo diri anda mau dijadikan ajang komersil. (jualan po???)

“Loe mah dari dulu su’udzon mulu sih MasBro !!!”

Waspada itu perlu Sob, bukan karena sebab namun ini karena bukti nyata di kehidupan sudah terlihat !!! Justru kalo kita seolah “merem” ga ngliat berarti kita buta dong ! Bukan cuma buta mata tapi buta hatinya! Icchhh…. atuutt!!

Ingat Ga ayat pertama al Qur’an yang turun dan diwahyukan kepada Rasulullah??? (buka dulu primbon atawa buku contekannya Gih!!! Cepeet!!)

Udah ketemu???

“Emang apa hubungan nya MasBro??? Dari facebook ke Al Qur’an? “

Makanye buka dan baca dulu ayat pertama Al Qur’an dan trus baca artinya
dan renungkan sejenak Sob,..

“IQRO” (BACALAH)!’ ( Q.S. 96:1)

“Lha terus???
Yang dibaca apa Masbro? Lha wong Al Qur’an nya baru kluar ayat pertama?
Sebenar nya yang harus dibaca apa dan seperti apa? Rasanya bukan sekadar perintah seperti membaca buku dech ! Lha trus apa MasBro???”

Memang terlalu mudah untuk mengartikan makna ayat yang pertama turun tersebut sebagai perintah supaya rajin belajar, misalnya. Bagaimana dengan orang miskin di hutan, misalnya, yang kebetulan tidak memperoleh kesempatan belajar membaca semenjak kecil hingga hari tuanya?

Betul, iqro’ yang dimaksud di ayat tersebut bukan sekedar membaca tulisan. Tetapi membaca alam semesta dan segala ciptaan-Nya, termasuk juga diri kita sendiri. Bukankah semua di alam semesta ini adalah ‘kitab’ karangan Allah SWT?. Nah, sebagaimana sebuah kitab/buku, dia harus dibaca. Dan tujuan membaca adalah untuk memahami isinya. Kemudian untuk memahami isinya, kita harus mengerti gagasan (topik) dasar dari kitab tersebut, sistematika penulisannya, dan sebagainya.

Nah sekarang kita kembali ke masalah Facebook yang menjadi salah satu trend dimasa sekarang dengan penggunaan diluar batas bijak manusia yang menghancurkan rumah tangga seseorang apakah itu bukan cara Allah memberikan pelajaran pada manusia akibat negatif dari Facebook ???

Bukannya MasBro melarang sob, tapi mohon waspadalah dalam menulis status atau catatan di Facebook, jangan mengungkap kondisi dalam negri rumah tangga anda. Apakah ada untungnya???

Humss, paling2 alesan biar merasa lega dan ada tempat curhat khan???

BASI ITU MAH SOB !!!

Coba anda bayangin jika kondisi anda saat sedih (dalam Rumah Tangga) yg seharusnya menjadi rahasia anda dan suami malah jadi rahasia umum, eh ternyata ada yng simpati dgn anda dan coba berkomunikasi eh ternyata cocok dan nyaman serta merasa aman. Tapi sayangnya orang tersebut adalah lawan jenis anda dan bukan pasangan nikah anda. Coba apa yang ada dibenak anda saat itu terjadi ???

Yang jelas muncullah perasaan simpati, terus bisa merkembang kepada rasa suka dan naksir, dan…… hiiiiiiiiiiiiii,….. pasti muncul dalam diri anda membanding2 kan antara pasangan hidup anda dengan teman curhat anda khan???

Kalo anda berusaha menutup hubungan khusus special dgn teman curhat anda serapat-rapatnya, suatu saat Allah akan membuka kebusukan kita dengan cara Nya yang kita sendiri ga tau.

Udah dech, kalo aib tersebut kebuka danb pasangan hidup anda tahu dan cemburu, wuiicch,… perkara besar tuch!! kalo ada infotainmet, bisa muncul di tayangan gosip. Wal hasil hubungan rumah tangga anda yang awalnya tiada cela karena masalah yang hadir selalu dituntaskan berdua dengan pasangan hidup, sekarang menjadi rusak dan berbekas hanya kecerobohan kita mengumbar rasa di status facebook untuk mendapatkan simpati atau perhatian orang lain.

Jadi Facebook ga ubahnya seperti “diary” terbuka dan bisa dinikmati orang banyak! padahal dulu zaman nya masBro masih muda super imut gitu yang namanya “Diary” sangat tabu banget kalo sampe kebaca orang lain, wah bisa kalo sampe itu terjadi rasanya wajah ini ane lipet2 trus ane masukin ke dompet dach Sob,…!!! Malu pisan euuy!!

Tapi, beda zaman beda kondisi, sekarang “diary” anak anak remaja sampe tua yang udah masuk ke facebook.

Peluapan segala emosi kah?
Sedih,marah,kangen,kecewa dan perasaan cinta?
Apa Facebook jadi semacam buku diary-mu?
Sebuah sarana biar org lain tau apapun yg ada dlm pikirmu?
Tak jarang orang pun jadi berseteru dan perang status dgn saling sindir.
Pentingkah?

Monggo telaah baik baik dan secara bijak,…
MasBro ga memaksa anda untuk berhati hati dan lebih cerdas dalam menyikapi dahsyatnya efek Facebook kedalam dunia nyata kita. Tapi memang itulah adanya sob !!! Sudah jadi rahasia umum.

Pilihan tersebut ada pada anda Sob!!!
Itu hidup anda, dan catatan ini hanya sebuah renungan saja.
Jika disikapi dengan bijak, dan diaplikasikan hikmah positipnya ya Alhamdulillah berarti catatan ini ada manfaatnya. Namun jika sikap anda sama saja ga mau tau dari awal, dan ga ada perubahan memperbaiki diri, maka masbro ga memaksa anda.

Sebagai selingan masBro masukkan sebuah berita dari Surat kabar Republika edisi 7 Mei 2011. tentang Maraknya perceraian yang smoga menggugah hati anda betapa dahsyatnya efek facebook kedalam kehidupan dunia nyata kita

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Jejaring facebook bisa memicu perceraian. Di Bandung, kasus perceraian gara-gara facebook sudah muncul.

“Saya sendiri pernah menangani perkaranya,” kata Acep Saefudin, juru bucara Pengadilan Agama Bandung, Selasa (3/5).

Acep pun menghimbau suami – istri usia muda agar bijaksana menggunakan situs jejaring sosial itu.

“Biasanya diawalai dengan mengirim pesan melalui komentar mesara kepada teman atau sebaliknya dan hal itu diketahui pasangannya.” ujar Acep.

Menurut Acep, suami – istri yang bercerai gara-gara facebook membawa bukti berupa print out halaman facebook ke persidangan.

“Print out halaman facebook-nya dijadikan bukti oleh pihak yang bersangkutan pada majelis hakim sehingga diketahui main mesra-mesraan.” Ujar Acep.

Perkara yang masuk ke Pengadilan Agama, terus meningkat. Jumlah perkara yang masuk pada tahun 2009 sebanyak 3.559 perkara dan tahun 2010 naik menjadi 5.278 perkara.

“Naik sekitar 1.719 perkara atau sekitar 48 persen,” kata Acep. Dari jumlah perkara itu, 3.275 perkara (2009) adalah perkara cerai. Pada 2010, perkara cerai mencapai 3.629.

“Jadi ada kenaikannya sekitar 364 perkara cerai. Khusus untuk cerai sendiri naik 10 persen dari total keseluruhan.” ujar Acep.

Sumber : Republika edisi 7 Mei 2011.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

~~

Hmm.. Dari ilustrasi di atas, MasBro melihat seutas benang merah.

Facebook emang bener kayak pisau bermata dua.
Jika kita cerdik dan bijak menggunakannya akan mempunyai nilai positif, bahkan bisa menghasilkan uang.
Di sisi lain, penggunaan yang menyimpang akan menyebabkan keterpurukan berkepanjangan..

So, harapan ane bro n sis bisa memaknai arti ‘cerdik’ secara benar.
Cerdik gak harus pinter kog namun lebih arif bijaksana…

Uyeeeeeeeeeeeee,…..

Moga bermanfaat Sob,….
Met aktifitas di awal minggu ini ya Sob,…

Wassalam


Bukan PIALA BerGilir !!

Hmm. . . Nissa sedikit berbagi pendapat pada pertanyaan sahabat Nissa di KJRI (Kementrian JOmbloSampaiHalal Republik Indonesia)

Org yg pacaran cenderung memiLiki sedikit waktu untuk sahabat dan keLuarganya. karena perhatiannya sudah ia curahkan untuk pacarnya. Karena ituLah saat sang pacar pergi ia seperti kehiLangan tempat berbagi dan dengan mudah mencari pengganti (pacar lagi), padahaL haL itu sangat buruk untuknya.

Karena org seperti itu jika mendapati sifat yg tidak ia sukai dari pasangan haLaLnya (kelak setelah menikah), atau pasangan haLaLnya kurang peduLi padanya, maka ia dg mudah mencari perhatian dari org lain. . .

Ini pendapat Nissa ya. . .

SoaLnya Nissa Liat teman Nissa waktu kuLiah seperti itu semua, ada masaLah ma pacarnya, nangis, chating, cari cowok di dunia maya, ketemuan, jadian, pas ada masaLah, nangis Lagi, cari perhatian Lagi, ketemuan Lagi, jadian Lagi, berantem lagi, nangis lagi, chating Lagi. . . .

haiyaaaaaaaaaaa. . . .

berapa kaLi tangannya dipegang org tuh?

berapa kaLi di jadiin piaLa bergiLir.

Oh. . . No. . . .

gak bakaL ada habisnya.

kaLo emang susah lupain, mending aktif di organisasi, di situ kau akan Lebih merasakan ‘dirimu sangat berharga bagi org Lain’

paLagi lagi buLan puasa. . . kan banyak aktifitas2 IsLami.

n kaLo blum pake jiLbab, muLai beLajar ya ^^

Okeh . . .

>>tidak ada yg menjamin hidup kita waLau hanya satu detik. . . ^^b ingat:- – - – - -

Istilah “Pacaran Islami” itu cuma ada dalam khayalan, dan tidak pernah ada wujudnya. Anggaplah dia bisa menghindari khalwat (berduaan), menyentuh serta menutup aurat, tapi tetap tidak akan bisa menghindari dari saling memandang. Atau paling tidak membayangkan dan memikirkan kekasihnya. Yang mana hal itu sudah cukup mengharamkan pacaran.

- – - – - -

Keep Moving Forward ya. . . .

untuk muLanya cobaLah aktif di organisasi atau aktifitas di masjid buLan ini, jika benar2 diridhoi aLLah, insya aLLah. . .

LihatLah, kau akan merasa hidupmu sangat berarti dan tidak sia2, sahabatku. . . .

^^b

Catatan Mbak Nissa PantiJomblo
http://www.facebook.com/notes/kjri-kementrian-jomblosampaihalal-republik-indonesia/hmm-nissa-sedikit-berbagi-pendapat-pada-pertanyaan-sahabat-nissa-di-kjri/268209036539241
At KJRI (Kementrian JOmbloSampaiHalal Republik Indonesia)
share for So JOSH (Sobat JOmbloSampaiHalal)
and main Page PANTI JOMBLO sebelum HALAL “MasBro” (Hikmah Kesendirian tanpa Pacaran)


Usap air matamu sahabat,….

Sobat JOSH (JOmblo Sampai Halal)terkasih yang sedang dirundung duka mendalam,….

Jangan pernah membatasi diri dan memutus persudaraan hanya karena kegagalan cinta yg pernah engkau ungkapkan kepadanya. Jangan sampai berubah sikap hanya lantaran engkau pernah dikecewakan.

Jika memang kegagalan cinta benarbenar engkau alami, jangan bermain-main dengan perasaan, karena bisa menjadikn dirimu lemah. Seakan-akan tidak ada yang lebih baik dari dirinya.

Yang terbaik itu tidak selamanya adalah dia yg selama ini engkau kenal. Yang terbaik itu tidak selamanya dia yang selama ini sering menghantui Istikharahmu. Dan, yang terbaik itu tidak selamanya adalah dia yang selama ini menjadi kawan berjuangmu.

Kepahitan yang engkau alami (ketika dia tdk bersedia bersama2 merajut tali kasih diatas cinta-Nya) sekilas yg tampak adalah kepahitan dan kegetiran semata. Tapi, bila engkau melihatnya dari sudut pandang yang berbeda, engkau pun akan temukan butiran2 hikmah di balik itu semua.

Ga mudah memang sob untuk menerima sebuah kegagalan dari sebuah pengharapan, apalagi jika sosok yang kau pilih berada dalam posisi yang sama.

Biarkan tangan Tuhan bekerja, yang kita bisa adalah berusaha dgn tulus dan sebuah keihlasan,…..

Usap air matamu sahabat,….
Yang terbaik menunggumu di tempat dan waktu yang lain,…
just waiting dengan memperbaiki diri,….


Memory Masa Lalu,…

 “Wahai engkau yang pernah singgah di lubuk hatiku, izinkan aku untuk melupakan bayanganmu di hatiku. Akan kuhapus segala memori indah yang pernah terjadi “
Rasa cinta memang tidak mudah untuk dihilangkan. Apalagi cinta pertama, pasti teramat sulit untuk dilupakan. Hal ini akan menyiksa, bila kita tidak berusaha mengatasinya. Ketika bayangannya hadir kembali ke dalam memori. Bahkan sering menghantui mimpi-mimpi.
Namun, jika secara psikologis engkau masih sulit melupakannya, tulislah namanya pada selembar kertas. Lantas, sobeklah kertas itu dan nyatakan bahwa engkau akan melupakan dirinya. Membuang jauh bayangan wajahnya

Cobalah Sob,………!!!


Menggali Hikmah dr sebuah Kegagalan


“Aku telah dewasa. Aku pasti bisa menerimanya. Aku yakin mampu menghadapinya
Sepahit apa pun akan kutelan. Kan kujadikan obat yg menyehatkan”
Sob,…Kegagalan cinta bukanlah kehancuran
mencintai namun tak bisa menikahi, bukanlah akhir dari segalanya!!!
Oleh karena itu, teruslah berusaha untuk melupakan dirinya
Dan, yang tidak kalah penting, engkau harus berusaha menggali hikmahnya
Ucapkan Bismillah & mulailah langkah baru,…
La tahzan innallaha ma’ana,……

Harga Sebuah Keberhasilan

 


Sob,…
Jangan terkecoh dengan keberhasilan seseorang.
Di balik kejayaan selalu ada jalan panjang yang berisikan catatan perjauangan dan pengorbanan. Keringat dan kepayahan.

Tak ada jalan pintas untuk sebuah kesuksesan.

Bila anda terpesona pada kenyamanan yang diberikan oleh kesuksesan,
anda bisa lupa dari keharusan untuk berupaya.

Namun bila anda terkagum pada ketegaran seseoarang dalam berusaha,
anda akan menyerap energi kekuatan, keberanian dan kesabaran.

Tak ada harga diskon untuk sebuah keberhasilan.
Ada harga yang harus dibayar untuk meraih keberhasilan itu.

Berusahalah terus Sob !!!!

Keep fighting !!!
Be JOSH (JOmblo Sampai Halal) !!!


Jangan Biarkan Jiwa Anda TANDUS !!!

Sobat JOSH (JOmblo Sampai Halal)

Saat bertemu teman yang dapat dipercaya, rukunlah bersamanya.
Karena seumur hidup manusia, teman sejati (sahabat) tak mudah ditemukan.

Saat bertemu penolongmu,
Ingat untuk berterima kasih padanya.
Karena ialah yang membantu mengubah hidupmu

Saat bertemu orang yang pernah kau cintai,
Tersenyumlah dengan wajar .
Karena ia lah orang yang membuatmu lebih mengerti tentang cinta

Saat bertemu orang yang pernah kau benci,
Sapalah dengan tersenyum.
Karena ia membuatmu semakin teguh / kuat.

Saat bertemu orang yang pernah mengkhianatimu, Baik-baiklah berbincanglah dengannya.
Karena jika bukan karena dia, hari ini engkau tak memahami dunia ini.

Saat bertemu orang yang tergesa-gesa meninggalkanmu,
Berterima-kasihlah bahwa ia pernah ada dalam hidupmu.
Karena ia adalah bagian dari nostalgiamu

Saat bertemu orang yang pernah salah-paham padamu,
Gunakan saat tersebut untuk menjelaskannaya.
Karena engkau mungkin hanya punya satu kesempatan itu saja untuk menjelaskan

Dan Saat engkau bertemu seseorang yang saat ini menemanimu seumur hidup (suami / istri) kita,
Berterima-kasihlah sepenuhnya bahwa ia mencintaimu.
Karena saat ini kalian mendapatkan kebahagiaan dan cinta sejati yang kau cari.

 


Semoga kebahagiaan dan ketentraman hati dan bathin selalu bersama kalian sobat ku terkasih,…

Assalamu’alaikum warahmah,….

Salam penuh kasih
MasBro Kpala Panti Jomblo II


Bergerak untuk Maju !!!

Tetaplah bergerak maju, sekalipun lambat.

Karena dalam, keadaan tetap bergerak, anda menciptakan kemajuan.

Adalah jauh lebih baik bergerak maju, sekalipun pelan, daripada tidak bergerak sama sekali.

 

MASALAH adalah TANTANGAN tuk Maju

So dont Give Up !!!
Lets Fight !!

Apakah Saya PSIKOPAT? [terjebak angan cinta pertama]

Cinta pertama boleh jadi datang saat kita berusia masih muda.
Duduk dibangku SMA, tertarik dengan seorang gadis yang masih sangat belia karena sudah sekian lama bergaul dikelas yang sama.

Ibaratnya, kesan pertama begitu biasa, selanjutnya kok tergoda.
Inilah yang disebut cinta monyet [kenapa kok monyet dibawa-bawa yach???
Kalo cinta buaya atau cinta Elang atau cinta sapi yang kerenan dikit???-kok protes sieh MasBro]

Cinta yang berawal dari iseng, naksir, seneng karena setiap hari ketemu dikelas. atau malah sebaliknya, cinta baru saja diraskan setelah hidup mengembara tanpa cinta selama 40 tahun. Tidak ada patokan ukuran yang jelas kapan cinta yang tepat itu akan datang.
Namun cinta itu pasti akan datang, meski kita tidak tau kapan.

Bahkan sering kali adalah cinta yang paling susah untuk dilupakan,
seorang ibu berusia 65 tahun pernah bertutur :

“Selama tiga bulan terakhir saya benar-benar merasa tersiksa karena saya tidak bisa melepaskan ingatan tentang seseorang. Begitu kangennya ingin jumpa dengan orang itu, sering tanpa saya sadari air mata saya menetes.

“Siapakah orang itu? ” Bekas pacar saya ketika masih sekolah di SMA.

“Cinta petamakah?” Ya, tiga bulan lalu saya bertemu dia di acara reuni eks siswa angkatan 1955-1957. Terus terang begitu saya ketemu dia hati saya tiba-tiba berdebar dan tidak berani menatap mukanya.

Rupanya dia juga memperhatikan saya, mengajak saya bersalaman. Kami bertukar alamat dan no hp, dan tanpa disangka beberapa hari setelah reuni dia menghubungi saya melalui telepon, saling bertukar cerita tentang segala hal yang dia alamai selama hampir 50 tahun tidak bertemu.

Saya heran sendiri, kenapa bisa begini?
Suami saya orang baik, keluarga kami hidup cukup, punya dua anak, anak-anaka menikah semua dan memberi tiga cucu.

Apakah saya orang yang kurang bersyukur atau “psikopat”?

Pada awalnya saya berbahagia dan menunggu-nunggu dering telepon dari dia, tetapi lama-lama saya kasihan melihat suami saya, dia suami yang baik. Kenapa saya abaikan suami saya hanya untuk sekedar menjalin hubunga tanpa tujuan jelas dengan eks pacar di SMA, padahal saya sudah setua ini, punya tiga cucu, hidup damai dalam keluarga, dan eks pacar juga sudah kakek-kakek, punya dua cucu pula.

Akhirnya saya mengambil keputusan untuk menyudahi hubungan ini dengan cara tegas.

Namun apa jadinya?

Ternyata saya tidak menyangka saya kelimpungan sendiri dan murung hampir sepanjang hari sehingga timbul pertannyaan dalam diri,
“APAKAH SAYA PSIKOPAT ?”


**Demikian seorang ibu 65 thn sebut saja K, dengan tiga cucu.

Agaknya ibu ini sedang didera cinta pertama yang sudah lama dia timbun dalam-dalam. Namun kini cinta pertama itu hadir kembali meski usianya sudah tidak muda lagi.

Cinta monyet sering diartikan sekadar suatu pengalaman penghayatan perasaan kecil yang dapat berlalu dengan mudah saat pernikahan sudah digelar. Namun ternyata hal itu bukanlah mudah untuk dilupakan. Sosok si dia yang pernah bertengger di hati nun bertahun-tahun lamanya, kini hadir lagi dan justru semakin susah untuk dilupakan.

Kenapa hal ini bisa terjadi ???
Karena cinta jenis ini lebih dikendalikan oleh “fantasi”. Seolah dia masih ingin membayangkan apa jadinya bila saat ini dia bersamanya.

Apa jadinya bila suaminya sekarang adalah dirinya, sosok yang dia cintai saat SMA dulu. Sosok pendamping yang saat ini ada, ternyata tidak cukup mampu untuk mengusir kegundahan hati yang melanda. Baginya, hubungan suami istri bersama suaminya hanyalah aktivitas rutin saja, sedangkan bayangan untuk membangkitkan kembali cinta pertama seolah menjadi sebuah angan indah yang menjanjikan.

Cinta romantis yang berangkat dari cinta pertama memang mengesankan, namun bobot fantasi atau imajinasi sangat besar sehingga sulit ditemukan dalam kenyataan.

Cengkerama ingatan fantasi dan imajinasi pada masa remajalah yang membuat seolah “FIRST LOVE” tidak pernah mati.
Umur seolah tidak berperan, sudah jadi nenek pun mengalaminya.

Apakah diri kita pernah terjebak dalam kondisi tersebut, atau malah saat ini “masih” dan belum bisa berlalu dan terus bergumul dgn sejuta fantasi dan angan-angan kosong. Sehingga sosok pasangan hidup disamping kita hanyalah pelengkap dan sebagai rutinitas harian.

***Bagi yang telah melaluinya, Barrakallah,…
Mari bersama2 menjaga hati kita,…

Moga Bermanfaat…………..

Salam hormat
MasBro Kpala PantiJomblo

Share for Pages
PANTI JOMBLO sebelum HALAL “MasBro” (Hikmah Kesendirian tanpa Pacaran)


Belajar lebih Bijak,…

So JOSH (Sobat JOmblo Sampai Halal)

Semakin jauh kita melangkah, seiring waktu berputar
akan selalu ada banyak masalah datang
semakin banyak cobaan yang kita lalui maka semakin banyak kita belajar untuk lebih bijak dalam menjalani hidup

So keep positif thinking even hard Sob
If we believe in God, there’s nothing impossible to do
So let’s think BIG, start from small, and grow Fast !!!
Bismillah


Nothing Impossible

“Nothing Impossible” karena Allah telah telah menganugerahi berbagai potensi dan optimisme untuk meraih segala mimpi,Sob,….

- Tidak ada lagi yang berkata terbang ke bulan adalah Mimpi
- Tidak ada lagi yang berpendapat kalau kegagalan merupakan akhir dari segalanya
- Tidak ada lagi yang berfikir kalau bermimpi itu sebuah kebodohan

Kita harus bisa memotivasi diri kita sendiri untuk bangkit dari keterpurukan.

Dan tanamkan dalam hati kita “Nothing Impossible”

So learn to Positif Thingking Sob,…
Think BIG, start small, Grow Fast !!!

ARE U READY ???
Bismillah,…..


Everybody Unic,…

Sobat,…
Awal dari cinta adalah membiarkan orang yang kita cintai menjadi dirinya sendiri & tidak merubahnya menjadi gambaran yang kita inginkan kecuali mensupportnya menjadi sosok yang lebih baik, karena sesungguhnya setiap insan unik & berbeda,….
Jika tidak,….
kita hanya mencintai pantulan diri sendiri yang kita temukan di dalam dia

Everybody is an Unic Sob,…
But we learn to be a better from our self,…


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.